Monday, May 1, 2017

RPP Kelas IX Lompat Jauh

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP                                        :  SMP Negeri 
Mata Pelajaran                      :  Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester                       :  IX (Genap )
Alokasi Waktu                       : 1 x 2 x 40 Menit

Standar Kompetensi            
Mempraktikan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

Kompetensi Dasar
Mempraktikan kombinasi teknik da sar salah satu permainan dan olah raga lanjutan dengan baik serta   nilai kerjasama  , toleransi , percaya diri, keberanian,  menghargai lawan,bersedia berbagi tempat dan   peralatan **)   

Indikator
·   Melakukan  teknik dasar awalan,  menolak, posisi di udara dan mendarat
·   Melakukan lomba lompat jauh gaya melenting dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan nilai kerjasama  , toleransi , percaya diri, keberanian,  menghargai lawan,bersedia berbagi tempat dan   peralatan

A.  Tujuan Pembelajaran
a.       Siswa dapat melakukan  teknik dasar lompat jauh gaya melenting (awalan, tolakan, posisi di udara dan mendarat),   dengan benar
b.      Siswa dapat melakukan lomba lompat jauh jauh dengan peraturan yang dimodifikasi,dengan baik 

v  Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
 B.  Materi Pembelajaran
       Lompat Jauh Gaya Melenting
1.   Latihan Variasi dan Kombinasi teknik dasar awalan,  menolak, posisi di udara dan mendarat
1.      Lomba lompat jauh gaya melenting dengan peraturan yang dimodifikasi

C.  Metode Pembelajaran
1. Demonstrasi
2. Ceramah
3. Bagian dan keseluruhan (Part and whole)
4. Permainan (Game)
5. Saling menilai sesama teman (Resiprocal)

D.        Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

1        Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Explorasi
a.      Apersepsi
-    Berbaris mengecek kehadiran siswa (Disiplin),
-    Berdoa dan salam untuk memulai pembelajaran(religius),
-    Guru menggali pengetahuan awal siswa tentang materi yang akan diajarkan (rasa ingin tahu)
-    Guru menjelakskan tentang kompetensi yang akan dicapai



b.   Motivasi
-    Memberikan motivasi  kepada siswa untuk mengikuti  pembelajaran (tekun dan Kerja keras)
-    Memberikan pemanasan yang  sesuai dengan materi dan mengembangkan kebugaran peserta didik melalui permainan (Sportif , kerjasama dan tanggung  jawab)
-     
2        Kegiatan Inti
Ø  Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar lompat jauh gaya melenting (awalan, tolakan, posisi di udara dan mendarat), dengan rincian kegiatan sebagai berikut :





                                                                                                   
-    Melakukan gerak melangkah dan  melompat melewati titik-titik yang telah ditentukan (berpasangan/kelompok)
-    Melakukan gerak lari, melangkah melalui rintangan lalu melompat pada tempat pendaratan  (berpasangan/kelompok)
-    Melakukan gerak lari, melangkah melalui rintangan lalu melompat melentingkan badan hingga dada menyentuh benda di depannya dan mendarat pada tempat pendaratan  (perorangan/kelompok)
Kegiatan Elaborasi
a) memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
b)      memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
c)      memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
d)      memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
e)      memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
f)       memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
g)      Berlomba lompat jauh dengan peraturan yang dimodifikasi dengan menggunakan teknik dasar awalan, tolakan, sikap diudara dan mendarat(Sportif, Kerjasama, dan Percaya diri)
h)      memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.






Kegiatan Konfirmasi
a.       Mengoreksi kesalahan-kesalahan umum yang terjadi
b.      Memberi tugas latihan gerak sebagai penguatan materi
c.       Menganalisis materi pembelajaran melalui analisis teknik dasar.
d.      Meluruskan pemahaman teknik gerak yang dipelajari

3.   Kegiatan Penutup
a.       bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
b.      melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
c.       memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
d.      merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;


E.  Sumber Belajar
-          Ruang terbuka yang datar dan aman
-          Bendera start dan finish
-          Buku teks
-          Buku referensi, , Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas VIII, Jakarta : Erlangga
-          Lembar Kerja Proses Belajar, Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

F.  Penilaian
      1.   Teknik dan Bentuk Penilaian:
- Tes unjuk kerja (psikomotor):  
     Lakukan teknik dasar lompat jauh gaya melenting
No
Nama Siswa
Sikap Awal
Gerkan
Mendarat
Jml
N. Proses
N. Produk
N. Akhir
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4




















































































        
                                                      Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Proses               =  ----------------------------------------- X 100%
                                                        Jumlah skor maksimal

Kriteria Penilaian Produk/prestasi teknik dasar (Lompat jauh)
Perolehan Nilai
Kriteria Pengskoran
Klasifiksi Nilai
Putera
Puteri
... > 3.50 Meter
... > 3.00 Meter
100%
Sangat Baik
3.00 – 3.49 Meter
2.50 – 2.99 Meter
90%
Baik
2.50 – 2.99 Meter
2.00 – 2.49 Meter
80%
Cukup
2.00 – 2.49 Meter
1.50 – 1.99 Meter
70%
Kurang
... < 2.00 Meter
... < 1.50 Meter
60%
Kurang Sekali

- Pengamatan sikap (afeksi): 
   Dilakukan selama siswa mengikuti pembelajaran Penjaskes. Unsur-unsur yang dinilai : disiplin, kejujuran, kerjasama, tanggung jawab, sportivitas, dan mematuhi aturan.

No
Nama Siswa
Aspek Sikap yang dinilai
NA
Disiplin
Jujur
Kerjasama
T. Jwab
Sportif
Aturan
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
























































































Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Afektif  =  ------------------------------------ X 100%
Jumlah skor maksimal
                    
-  Tes Pengetahuan (kognitif):
No
Nama Siswa
Aspek Sikap yang dinilai
NA
Soal No.1
Soal No.2
Soal No.3
Soal No.4
Soal No. 5
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3













































































Jumlah skor yang diperoleh
                                  Penilaian Kognitif=  ------------------------------------- X 100 %
Jumlah skor maksimal







Butir Pertanyaan :
No
Butir Pertanyaan
1
Sebutkan macam-macam teknik dasar Lompat Jauh ?
2
Jelaskan cara melakukan awalan lompat jauh !
3
Jelaskan cara melakukan  tumpuan lompat jauh!
4
Jelaskan sikap badan saat melayang di udara !
5
Jelaskan  cara melakukan pendaratan lompat jauh !

2.  Rekapitulasi Nilai :
No
Nama Siswa
Aspek Penilaian
Jumlah
Nilai Akhir
Kriteria
Psikomotor
Afektif
Kognitif
































                                                                                Jumlah Skor Yang Diperoleh
Nilai Akhir ( NA)     = ----------------------------------------------
                                                      Tiga Aspek Penilian

Keterangan :
·         Sangat Baik                              =     91 – 100 %
·         Baik                                           =     80 – 90 %
·         Cukup                                        =     70 – 79 %
·         Kurang                                      =     60 – 69 %
·         Kurang Sekali                          =    Kurang dari 60%


No comments:

Post a Comment

Simbol Bilangan atau Angka

  a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...

Blog Archive