RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMP : SMP Negeri
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : IX (Genap )
Alokasi Waktu : 1 x 2 x 40 Menit
Standar Kompetensi
Mempraktikan berbagai teknik dasar permainan dan
olahraga, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar
Mempraktikan kombinasi teknik da sar salah
satu permainan dan olah raga lanjutan dengan baik serta nilai kerjasama , toleransi , percaya diri, keberanian, menghargai lawan,bersedia berbagi tempat
dan peralatan **)
Indikator
·
Melakukan teknik
dasar awalan, menolak, posisi di udara
dan mendarat
·
Melakukan lomba lompat jauh gaya melenting dengan peraturan yang
dimodifikasi untuk menumbuhkan nilai kerjasama ,
toleransi , percaya diri, keberanian,
menghargai lawan,bersedia berbagi tempat dan peralatan
A. Tujuan Pembelajaran
a.
Siswa dapat melakukan
teknik dasar lompat jauh gaya melenting (awalan, tolakan, posisi di
udara dan mendarat), dengan
benar
b.
Siswa dapat melakukan lomba
lompat jauh jauh dengan peraturan yang dimodifikasi,dengan baik
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Toleransi
( Tolerance )
Percaya
diri ( Confidence )
Keberanian
( Bravery )
B. Materi Pembelajaran
Lompat Jauh Gaya Melenting
1.
Latihan Variasi dan Kombinasi teknik dasar awalan,
menolak, posisi di udara dan mendarat
1.
Lomba
lompat jauh gaya melenting dengan peraturan yang dimodifikasi
C. Metode
Pembelajaran
1. Demonstrasi
2. Ceramah
3. Bagian dan keseluruhan (Part and whole)
4. Permainan (Game)
5. Saling menilai sesama teman
(Resiprocal)
D. Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
1
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan
Explorasi
a.
Apersepsi
- Berbaris mengecek
kehadiran siswa (Disiplin),
- Berdoa dan salam untuk
memulai pembelajaran(religius),
- Guru menggali pengetahuan
awal siswa tentang materi yang akan diajarkan (rasa
ingin tahu)
- Guru menjelakskan tentang
kompetensi yang akan dicapai
b. Motivasi
- Memberikan motivasi kepada siswa untuk mengikuti pembelajaran (tekun
dan Kerja keras)
- Memberikan pemanasan
yang sesuai dengan materi dan
mengembangkan kebugaran peserta didik melalui permainan (Sportif , kerjasama dan tanggung jawab)
-
2
Kegiatan Inti
Ø Melakukan variasi dan
kombinasi teknik dasar lompat jauh gaya melenting (awalan, tolakan, posisi di
udara dan mendarat), dengan rincian kegiatan sebagai berikut :
- Melakukan gerak melangkah
dan melompat melewati titik-titik yang
telah ditentukan (berpasangan/kelompok)
- Melakukan gerak lari,
melangkah melalui rintangan lalu melompat pada tempat pendaratan (berpasangan/kelompok)
- Melakukan gerak lari,
melangkah melalui rintangan lalu melompat melentingkan badan hingga dada
menyentuh benda di depannya dan mendarat pada tempat pendaratan (perorangan/kelompok)
Kegiatan
Elaborasi
a) memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru
baik secara lisan maupun tertulis;
b) memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
c) memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
d) memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
e) memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
f) memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
g)
Berlomba lompat
jauh dengan peraturan yang dimodifikasi dengan
menggunakan teknik dasar awalan, tolakan, sikap diudara dan mendarat(Sportif, Kerjasama, dan Percaya diri)
h) memfasilitasi peserta
didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Kegiatan Konfirmasi
a.
Mengoreksi
kesalahan-kesalahan umum yang terjadi
b.
Memberi tugas
latihan gerak sebagai penguatan materi
c.
Menganalisis
materi pembelajaran melalui analisis teknik dasar.
d.
Meluruskan
pemahaman teknik gerak yang dipelajari
3. Kegiatan Penutup
a.
bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri
membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
b. melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
c. memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
d. merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
E. Sumber
Belajar
-
Ruang terbuka yang datar dan aman
-
Bendera start dan
finish
-
Buku teks
-
Buku referensi, , Roji, Pendidikan Jasmani,
Olahraga dan Kesehatan Kelas VIII, Jakarta : Erlangga
-
Lembar Kerja Proses Belajar, Roji,
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
F. Penilaian
1. Teknik dan Bentuk Penilaian:
- Tes unjuk kerja
(psikomotor):
Lakukan
teknik dasar lompat jauh gaya melenting
No
|
Nama Siswa
|
Sikap Awal
|
Gerkan
|
Mendarat
|
Jml
|
N. Proses
|
N. Produk
|
N. Akhir
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
∑
|
1
|
2
|
3
|
4
|
∑
|
1
|
2
|
3
|
4
|
∑
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Proses = ----------------------------------------- X
100%
Jumlah skor maksimal
Kriteria Penilaian Produk/prestasi teknik dasar (Lompat
jauh)
Perolehan Nilai
|
Kriteria Pengskoran
|
Klasifiksi Nilai
|
|
Putera
|
Puteri
|
||
... > 3.50 Meter
|
... > 3.00 Meter
|
100%
|
Sangat Baik
|
3.00 – 3.49 Meter
|
2.50 – 2.99 Meter
|
90%
|
Baik
|
2.50 – 2.99 Meter
|
2.00 – 2.49 Meter
|
80%
|
Cukup
|
2.00 – 2.49 Meter
|
1.50 – 1.99 Meter
|
70%
|
Kurang
|
... < 2.00 Meter
|
... < 1.50 Meter
|
60%
|
Kurang Sekali
|
- Pengamatan sikap
(afeksi):
Dilakukan
selama siswa mengikuti pembelajaran Penjaskes. Unsur-unsur yang dinilai :
disiplin, kejujuran, kerjasama, tanggung jawab, sportivitas, dan mematuhi
aturan.
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Sikap yang dinilai
|
∑
|
NA
|
|||||||||||||||||
Disiplin
|
Jujur
|
Kerjasama
|
T. Jwab
|
Sportif
|
Aturan
|
||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Afektif =
------------------------------------ X 100%
Jumlah skor maksimal
- Tes Pengetahuan (kognitif):
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Sikap yang dinilai
|
∑
|
NA
|
||||||||||||||
Soal No.1
|
Soal No.2
|
Soal No.3
|
Soal No.4
|
Soal No. 5
|
||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor yang
diperoleh
Penilaian
Kognitif= -------------------------------------
X 100 %
Jumlah skor maksimal
Butir Pertanyaan :
No
|
Butir
Pertanyaan
|
1
|
Sebutkan macam-macam teknik dasar Lompat Jauh ?
|
2
|
Jelaskan cara melakukan awalan lompat jauh !
|
3
|
Jelaskan cara melakukan tumpuan
lompat jauh!
|
4
|
Jelaskan sikap badan saat melayang di udara !
|
5
|
Jelaskan cara melakukan pendaratan
lompat jauh !
|
2. Rekapitulasi Nilai
:
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Penilaian
|
Jumlah
|
Nilai Akhir
|
Kriteria
|
||
Psikomotor
|
Afektif
|
Kognitif
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
Skor Yang Diperoleh
Nilai Akhir ( NA)
= ----------------------------------------------
Tiga Aspek Penilian
Keterangan :
·
Sangat Baik = 91 – 100 %
·
Baik = 80 – 90 %
·
Cukup = 70 – 79 %
·
Kurang = 60 – 69 %
·
Kurang Sekali = Kurang dari 60%
No comments:
Post a Comment