RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMP : SMP Negeri
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : IX (Genap)
Alokasi Waktu : 1 x 2 x 40 menit (1 x pertemuan )
Standar Kompetensi
Mempraktikan jenis latihan beban dengan alat sederhana untuk meningkatkan
kebugaran dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi Dasar
1
Mengidentifikasi jenis-jenis
latihan yang sesuai dengan kebutuhan
2
Mempraktikan latihan kekuatan,
kecepatan, daya tahan dan kelentukan untuk kebugaran jasmani sesuai dengan
kebutuhan dengan menggunakan alat sederhana serta nilai semangat, tanggung
jawab, disiplin,dan percaya diri
Indikator
·
Melakukan identifikasi bentuk latihan untuk kekuatan dan
daya tahan (untuk badan bagian atas dan bawah)
·
Melakukan bentuk latihan untuk kelentukan ( persendian
leher,tangan, lengan,pinggang, lutut dan kaki) dan latihan kekuatan, daya tahan
serta kecepatan untuk badan bagian atas dan bawah)
A. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat melakukan
identifikasi bentuk latihan untuk kekuatan dan daya tahan badan bagian atas dan bawah,identifikasi bentuk
latihan untuk kelentukan (persendian
leher, tangan, lengan, pinggang, lutut dan kaki)
dengan benar
b.
Siswa dapat melakukan latihan kekuatan
dan daya tahan badan bagian
atas,kekuatan,kecepatan dan daya tahan bagian bawah dengan
benar
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Toleransi
( Tolerance )
Percaya
diri ( Confidence )
Keberanian
( Bravery )
B. Materi
Pembelajaran
Pengembangan/Kebugaran
jasmani
·
Identifikasi bentuk latihan
untuk kekuatan dan daya tahan badan bagian atas dan bawah, identifikasi bentuk
latihan untuk kelentukan (persendian leher, tangan, lengan, pinggang, lutut dan
kaki)
·
Latihan kekuatan
dan daya tahan badan bagian atas, kekuatan, kecepatan dan daya tahan bagian
bawah
C. Metode
Pembelajaran
1. Demonstrasi
2. Ceramah
3. Bagian dan keseluruhan (Part and whole)
4. Permainan (Game)
5. Saling menilai sesama teman
(Resiprocal)
D. Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
1
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan
Explorasi
a.
Apersepsi
- Berbaris mengecek
kehadiran siswa (Disiplin),
- Berdoa dan salam untuk
memulai pembelajaran(religius),
- Guru menggali pengetahuan
awal siswa tentang materi yang akan diajarkan (rasa
ingin tahu)
- Guru menjelakskan tentang
kompetensi yang akan dicapai
b. Motivasi
- Memberikan motivasi kepada siswa untuk mengikuti pembelajaran (tekun
dan Kerja keras)
- Memberikan pemanasan
yang sesuai dengan materi dan
mengembangkan kebugaran peserta didik melalui permainan (Sportif , kerjasama dan tanggung jawab)
2
Kegiatan Inti
Ø Melakukan kekuatan dan
daya tahan badan bagian atas,kekuatan,kecepatan dan daya tahan bagian bawah,
dengan rincian kegiatan sebagai berikut :
- Melakukan bentuk latihan
kekuatan dan daya tahan otot badan bagian atas dan bawah, otot lengan, badan
dan kaki(berpasangan/kelompok)
- Melakukan bentuk latihan
untuk latihan kecepatan dan daya tahan otot badan bagian bawah
(berpasangan/kelompok)
Kegiatan
Elaborasi
a) memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru
baik secara lisan maupun tertulis;
b) memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
c) memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
d) memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
e) memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
f) memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
g)
Berlombakebugaran
jasmani dengan peraturan yang dimodifikasi dengan
menggunakan komponen kebugaran kelentukan, kekuatan dan daya tahan (Sportif, Kerjasama, dan Percaya diri)
h) memfasilitasi peserta
didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Kegiatan Konfirmasi
a.
Mengoreksi
kesalahan-kesalahan umum yang terjadi
b.
Memberi tugas
latihan gerak sebagai penguatan materi
c.
Menganalisis
materi pembelajaran melalui analisis teknik dasar.
d.
Meluruskan
pemahaman teknik gerak yang dipelajari
3. Kegiatan Penutup
a.
bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri
membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
b. melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
c. memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
d.
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan
tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta
didik;
E. Sumber
Belajar
-
Ruang terbuka yang datar dan aman (Bangsal senam)
-
Buku teks
-
Buku referensi, , Roji, Pendidikan Jasmani,
Olahraga dan Kesehatan Kelas IX, Jakarta : Erlangga
-
Lembar Kerja Proses Belajar, Roji,
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
F. Penilaian
1. Teknik dan Bentuk Penilaian:
- Tes unjuk kerja
(psikomotor):
Lakukan latihan kekuatan dan daya tahan, unsur-unsur yang dinilai adalah
kesempurnan gerak (penilaian Proses) dn kecepatan dan ketepatan melakukan
gerakan (penilaian produk/prestasi)
No
|
Nama Siswa
|
Sikap Awal
|
Gerakan
|
Sikap Akhir
|
Jml
|
N. Proses
|
N. Produk
|
N. Akhir
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
∑
|
1
|
2
|
3
|
4
|
∑
|
1
|
2
|
3
|
4
|
∑
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Proses = ----------------------------------------- X
100%
Jumlah skor maksimal
Kriteria Penilaian Produk/prestasi kekuatan dan
daya tahan (menggunakan sirkuit)
Perolehan Nilai
|
Kriteria Pengskoran
|
Klasifiksi Nilai
|
|
Putera
|
Puteri
|
||
... < 4.00 menit
|
... < 5.00 menit
|
100%
|
Sangat Baik
|
4.01 – 4.30 menit
|
5.01 – 5.30 menit
|
90%
|
Baik
|
4.31 – 5.00 menit
|
5.31 – 6.00 menit
|
80%
|
Cukup
|
5.01 – 5.30 menit
|
6.01 – 6.30 menit
|
70%
|
Kurang
|
... > 5.30 menit
|
... > 6.30 menit
|
60%
|
Kurang Sekali
|
- Pengamatan sikap
(afeksi):
Dilakukan
selama siswa mengikuti pembelajaran Penjaskes. Unsur-unsur yang dinilai :
disiplin, kejujuran, kerjasama, tanggung jawab, sportivitas, dan mematuhi
aturan.
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Sikap yang dinilai
|
∑
|
NA
|
|||||||||||||||||
Disiplin
|
Jujur
|
Kerjasama
|
T. Jwab
|
Sportif
|
Aturan
|
||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Afektif =
------------------------------------ X 100%
Jumlah skor maksimal
- Tes Pengetahuan (kognitif):
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Sikap yang dinilai
|
∑
|
NA
|
||||||||||||||
Soal No.1
|
Soal No.2
|
Soal No.3
|
Soal No.4
|
Soal No. 5
|
||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor yang
diperoleh
Penilaian
Kognitif= -------------------------------------
X 100 %
Jumlah skor maksimal
Butir Pertanyaan :
No
|
Butir
Pertanyaan
|
1
|
Sebutkan bentuk latihan untuk meningkatkan dan kekuatan bagian atas ?
|
2
|
Sebutkan bentuk latihan untuk meningkatkan dan kekuatan bagian bawah ?
|
3
|
Jelaskan cara melakukan latihan
kekuatan !
|
4
|
Jelaskan cara melakukan latihan daya tahan !
|
5
|
Jelaskan cara melakukan latihan kekuatan dan daya tahan menggunakan
sirkuit !
|
2. Rekapitulasi Nilai :
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Penilaian
|
Jumlah
|
Nilai Akhir
|
Kriteria
|
||
Psikomotor
|
Afektif
|
Kognitif
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
Skor Yang Diperoleh
Nilai Akhir ( NA)
= ----------------------------------------------
Tiga
Aspek Penilian
Keterangan :
·
Sangat Baik = 91 – 100 %
·
Baik = 80 – 90 %
·
Cukup = 70 – 79 %
·
Kurang = 60 – 69 %
·
Kurang Sekali = Kurang dari 60%
No comments:
Post a Comment