Monday, May 1, 2017

RPP Sepak Bola Kelas VIII

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP/MTs                               :   SMP Negeri
                        Mata Pelajaran                      :   Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
                        Kelas/Semester                       :   VIII (Genap )
                        Alokasi Waktu                       :   3 x 2 x 40 menit (3 x pertemuan )

Standar Kompetensi            
1.      Mempraktikan berbagai teknik dasar permainan dan  olahraga, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

Kompetensi Dasar 
1.1.1  Mempraktikkan  kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar lanjutan dengan  baik  serta  nilai kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan**)
                                                                   
Indikator
·   Melakukan kombinasi teknik dasar (mengumpan, mengontrol dan menggiring bola) berpasangan dan berkelompok dengan menggunkan  kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki dengan koordinasi yang baik. (rasa ingin tahu, tekun dan kerja keras)
·   Bermain sepak bola dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan

A.  Tujuan Pembelajaran
a.       Siswa dapat melakukan kombinasi teknik dasar menedang bola dengan kaki bagian dalam dan luar dengan benar
b.      Siswa dapat melakukan kombinasi teknik dasar menghentikan bola dengan kaki bagian dalam, luar dan telapak kaki dengan benar
c.       Siswa dapat melakukan kombinasi teknik dasar menggiring bola dengan kaki bagian dalam dan luar dengan benar
d.      Siswa dapat bermain sepakbola dengan baik menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk memupuk nilai kerja sama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai teman

v  Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
B.   Materi Pembelajaran
Permainan Sepakbola
·         Kombinasi mengumpan dan menghentikan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar
·         Kombinasi menahan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar serta menahan dengan telapak kaki
·         Bermain sepakbola menggunakan peraturan yang dimodifikasi

C.  Metode Pembelajaran
1. Demonstrasi
2. Ceramah
3. Bagian dan keseluruhan (Part and whole)
4. Perminan (Game)
5. Saling menilai sesama teman (Resiprocal)







D.  Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 (2 x 40 menit)
1.      Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Explorasi
a.      Apersepsi
-    Berbaris mengecek kehadiran siswa (Disiplin),
-    Berdoa dan salam untuk memulai pembelajaran(religius),
-    Guru menggali pengetahuan awal siswa tentang materi yang akan diajarkan (rasa ingin tahu)
-    Guru menjelakskan tentang kompetensi yang akan dicapai
b.       Motivasi
-    Memberikan motivasi  kepada siswa untuk mengikuti  pembelajaran (tekun dan Kerja keras)
-    Memberikan pemanasan yang  sesuai dengan materi dan mengembangkan kebugaran peserta didik melalui permainan (Sportif , kerjasama dan tanggung  jawab)

2.      Kegiatan Inti
a.       Kombinasi teknik dasar (mengumpan dengan kaki bagian dalam dan dalam serta menghentikan bola dengan telapak kaki) dengan rincian kegiatan sebagai berikut :




                                                                                                



-          Melakukan teknik dasar mengumpan dengan bola dilam berhadapan dengan teman
-          Melakukan teknik dasar mengumpan dengan bola digelindingkan teman dari depan di tempat
-          Melakukan teknik dasar mengumpan dengan bola dilambung teman dari depan di tempat dilanjutkan dengan bergerak maju dan mundur
-          Melakukan teknik dasar mengumpan secara langsung
Kegiatan Elaborasi
a) memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
b)      memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
c)      memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
d)      memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
e)      memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
f)       memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
g)      Bermain sepakbola dengan peraturan yang dimodifikasi dengan menggunakan teknik dasar mengumpan dengan kaki bagian dalam (Sportif, Kerjasama, dan Percaya diri)
h)      memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Kegiatan Konfirmasi
a.       Mengoreksi kesalahan-kesalahan umum yang terjadi
b.      Memberi tugas latihan gerak sebagai penguatan materi
c.       Menganalisis materi pembelajaran melalui analisis teknik dasar.
d.      Meluruskan pemahaman teknik gerak yang dipelajari

3.      Kegiatan Penutup
a.       bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
b.      melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
c.       memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
d.      merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

Pertemuan 2 (2 x 40 menit)
1.      Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Explorasi
a.      Apersepsi
-    Berbaris mengecek kehadiran siswa (Disiplin),
-    Berdoa dan salam untuk memulai pembelajaran(religius),
-    Guru menggali pengetahuan awal siswa tentang materi yang akan diajarkan (rasa ingin tahu)
-    Guru menjelakskan tentang kompetensi yang akan dicapai
b.       Motivasi
-    Memberikan motivasi  kepada siswa untuk mengikuti  pembelajaran (tekun dan Kerja keras)
-    Memberikan pemanasan yang  sesuai dengan materi dan mengembangkan kebugaran peserta didik melalui permainan (Sportif , kerjasama dan tanggung  jawab)

2.      Kegiatan Inti
a.       Kombinasi teknik dasar (mengumpan bola dengan kaki bagian dalam dan luar serta menahan bola dengan kaki bagian dalam, luar dan telapak kaki ) .








-          Melakukan teknik dasar mengumpan bola dengan kaki bagian dalam dan luar serta menahan bola dengan kaki bagian dalam, luar dan telapak kaki berpasangan di tempat
-          Melakukan teknik dasar mengumpan bola dengan kaki bagian dalam dan luar serta menahan bola dengan kaki bagian dalam, luar dan telapak kaki berpasangan bergerak ke kanan, kiri, depan dan belakang
-          Melakukan teknik dasar mengumpan bola dengan kaki bagian dalam dan luar serta menahan bola dengan kaki bagian dalam, luar dan telapak kaki berkelompok bergerak bebas
Kegiatan Elaborasi
a) memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
c)      memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
d)      memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
e)      memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
f)       memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
g)      memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
h)      Bermain sepakbola dengan peraturan yang dimodifikasi dengan menggunakan teknik dasar mengumpan dengan kaki bagian dalam (Sportif, Kerjasama, dan Percaya diri)
i)        memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.



Kegiatan Konfirmasi
a.       Mengoreksi kesalahan-kesalahan umum yang terjadi
b.      Memberi tugas latihan gerak sebagai penguatan materi
c.       Menganalisis materi pembelajaran melalui analisis teknik dasar.
d.      Meluruskan pemahaman teknik gerak yang dipelajari

3.    Kegiatan Penutup
a.       bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
b.      melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
c.       memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
d.      merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

Pertemuan 3 (2 x 40 menit)
1.      Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Explorasi
a.      Apersepsi
-    Berbaris mengecek kehadiran siswa (Disiplin),
-    Berdoa dan salam untuk memulai pembelajaran(religius),
-    Guru menggali pengetahuan awal siswa tentang materi yang akan diajarkan (rasa ingin tahu)
-    Guru menjelakskan tentang kompetensi yang akan dicapai
b.       Motivasi
-    Memberikan motivasi  kepada siswa untuk mengikuti  pembelajaran (tekun dan Kerja keras)
-    Memberikan pemanasan yang  sesuai dengan materi dan mengembangkan kebugaran peserta didik melalui permainan (Sportif , kerjasama dan tanggung  jawab)

2.      Kegiatan Inti
a.       Kombinasi teknik dasar (mengumpan, menghentikan, menggiring bola dengan kaki bagian dalam dan luar serta menahan bola dengan kaki bagian dalam, luar dan telapak) dengan rincian kegiatan sebagai berikut :
  



                                                                                               


                                                                                                  


-          Melakukan teknik dasar mengumpan, menahan, menggiring formasi berbanjr dan berkelompok bergerak bebas
-          Melakukan teknik dasar mengumpan, menahan, menggiring formasi lingkaran dan berkelompok bergerak bebas
Kegiatan Elaborasi
a) memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
b)      memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
c)      memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
d)      memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
e)      memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
f)       memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
g)      Bermain bola  pada lapangan kecil menggunakan dua gawang kecil  (Sportif, Kerjasama, dan Percaya diri)(bendera kecil), dengan cara :
v   Jumlah pemain 5 orang untuk setiap regunya.
v   Untuk tahap pertama bermain dengan 4x sentuhan bola
v   Untuk tahap kedua 3x sentuhan bola.
v   Untuk tahap ketiga 2x sentuhan bola.
v   Untuk tahap keempat 1x sentuhan bola.







Kegiatan Konfirmasi
a.     Mengoreksi kesalahan-kesalahan umum yang terjadi
a.         Memberi tugas latihan gerak sebagai penguatan materi
b.         Menganalisis materi pembelajaran melalui analisis teknik dasar.
c.         Meluruskan pemahaman teknik gerak yang dipelajari

3.    Kegiatan Penutup
a.       bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
b.      melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
c.       memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
d.      merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;


E.  Sumber Belajar
-          Ruang terbuka yang datar dan aman
-          Bola
-          Buku teks
-          Buku referensi, Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas VIII, Jakarta : Erlangga
-          Lembar Kerja Proses Belajar, Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

F.  Penilaian
      1.   Teknik dan Bentuk Penilaian:
- Tes unjuk kerja (psikomotor): 
Lakukan teknik dasar menendang, menahan/mengontrol bola dan menggiring bola. Unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan gerakan (Penilaian Proses) dan ketepatan melakukan gerakan (Penilaian Produk/Prestasi)
No
Nama Siswa
Mengumpan
Mengontrol
Menggiring
Jml
N. Proses
N. Produk
N. Akhir
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4




















































































        
                                                      Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Proses               =  ----------------------------------------- X 100%
                                                        Jumlah skor maksimal





Kriteria Penilaian Produk/prestasi teknik dasar (menendang dan menahan bola ke sarsaran tembok) selama 30 detik.

Perolehan Nilai
Kriteria Pengskoran
Klasifiksi Nilai
Putera
Puteri
... > 23 Kali
... > 18 Kali
100%
Sangat Baik
20 – 22 Kali
15 – 17 Kali
90%
Baik
17 – 19 Kali
12 – 14 Kali
80%
Cukup
14 – 16 Kali
9 – 11 Kali
70%
Kurang
... < 14 Kali
... < 6 Kali
60%
Kurang Sekali


Kriteria Penilaian Produk/prestasi teknik dasar (menggiring bola) melewati rintang selama 30 detik.

Perolehan Nilai
Kriteria Pengskoran
Klasifiksi Nilai
Putera
Puteri
... > 18 Rintangan
... > 15 Rintangan
100%
Sangat Baik
15 – 17 Rintangan
13 – 14 Rintangan
90%
Baik
12 – 14 Rintangan
10 – 12 Rintangan
80%
Cukup
9 – 11 Rintangan
8 – 9 Rintangan
70%
Kurang
... < 9 Rintangan
... < 8 Rintangan
60%
Kurang Sekali

- Pengamatan sikap (afeksi): 
   Mainkan permainan sepakbola dengan peraturan yang telah dimodifikasi.  Taati aturan permainan, kerjasama dengan teman satu tim dan tunjukkan perilaku sportif, keberanian, percaya diri dan menghargai teman

No
Nama Siswa
Aspek Sikap yang dinilai
NA
Disiplin
Jujur
Kerjasama
T. Jwab
Sportif
Aturan
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3

























































































Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Afektif  =  ------------------------------------ X 100%
Jumlah skor maksimal
                    
-  Tes Pengetahuan (kognitif):

No
Nama Siswa
Aspek Sikap yang dinilai
NA
Soal No.1
Soal No.2
Soal No.3
Soal No.4
Soal No. 5
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3














































































Jumlah skor yang diperoleh
                                  Penilaian Kognitif=  ------------------------------------- X 100 %
Jumlah skor maksimal

Butir Pertanyaan :
No
Butir Pertanyaan
1
Sebutkan pelanggaran dan kelakuan tidak sopan dalam permainan sepakbola ?
2
Sebutkan penyebab seorang pemain dikenakan kartu kuning oleh wasit ?
3
Jelaskan cara melakukan mengumpan dan mengontrol bola berpasangan !
4
Jelaskan cara melakukan menggiring dan mengontrol bola !
5
Jelaskan  cara melakukan menggiring, mengontrol, dan mengumpan bola !









2.  Rekapitulasi Nilai :
No
Nama Siswa
Aspek Penilaian
Jumlah
Nilai Akhir
Kriteria
Psikomotor
Afektif
Kognitif

































                                                                                Jumlah Skor Yang Diperoleh
Nilai Akhir ( NA)     = ----------------------------------------------
                                                Tiga Aspek Penilian

Keterangan :
§ Sangat Baik                                  =     91 – 100 %
§ Baik                                               =     80 – 90 %
§ Cukup                                            =     70 – 79 %
§ Kurang                                          =     60 – 69 %
§ Kurang Sekali                              =    Kurang dari 60%


1 comment:

Simbol Bilangan atau Angka

  a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...

Blog Archive