RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMP/MTs : SMP Negeri
Mata
Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester :
VIII (Genap )
Alokasi
Waktu : 3 x 2
x 40 menit (3 x pertemuan )
Standar Kompetensi
1.
Mempraktikan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga, dan nilai-nilai yang terkandung di
dalamnya
Kompetensi Dasar
1.1.1 Mempraktikkan kombinasi teknik dasar salah satu permainan
dan olahraga beregu bola besar lanjutan dengan
baik serta nilai kerjasama, toleransi, percaya dini,
keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan**)
Indikator
·
Melakukan kombinasi teknik
dasar (mengumpan,
mengontrol dan menggiring bola) berpasangan dan berkelompok dengan menggunkan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki dengan koordinasi
yang baik. (rasa ingin tahu, tekun dan kerja keras)
·
Bermain sepak bola dengan menggunakan peraturan
yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai
lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan
A. Tujuan Pembelajaran
a.
Siswa dapat melakukan kombinasi teknik dasar menedang bola dengan kaki bagian
dalam dan luar dengan benar
b.
Siswa dapat melakukan kombinasi teknik dasar menghentikan bola dengan
kaki bagian dalam, luar dan telapak kaki
dengan benar
c.
Siswa dapat melakukan kombinasi teknik dasar menggiring bola dengan
kaki bagian dalam dan luar dengan benar
d.
Siswa dapat bermain sepakbola dengan baik menggunakan
peraturan yang dimodifikasi untuk memupuk nilai kerja sama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai teman
v Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Toleransi
( Tolerance )
Percaya
diri ( Confidence )
Keberanian
( Bravery )
B. Materi
Pembelajaran
Permainan
Sepakbola
·
Kombinasi
mengumpan dan menghentikan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar
·
Kombinasi menahan
bola menggunakan
kaki bagian dalam dan luar serta menahan dengan telapak kaki
·
Bermain
sepakbola menggunakan peraturan yang dimodifikasi
C. Metode
Pembelajaran
1. Demonstrasi
2. Ceramah
3. Bagian dan keseluruhan (Part and whole)
4. Perminan (Game)
5. Saling menilai sesama teman
(Resiprocal)
D.
Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
(2 x 40 menit)
1.
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan
Explorasi
a.
Apersepsi
- Berbaris mengecek
kehadiran siswa (Disiplin),
- Berdoa dan salam untuk
memulai pembelajaran(religius),
- Guru menggali pengetahuan
awal siswa tentang materi yang akan diajarkan (rasa
ingin tahu)
- Guru menjelakskan tentang
kompetensi yang akan dicapai
b.
Motivasi
- Memberikan motivasi kepada siswa untuk mengikuti pembelajaran (tekun
dan Kerja keras)
- Memberikan pemanasan
yang sesuai dengan materi dan
mengembangkan kebugaran peserta didik melalui permainan (Sportif , kerjasama dan tanggung jawab)
2.
Kegiatan Inti
a. Kombinasi teknik dasar
(mengumpan dengan kaki bagian dalam dan dalam serta menghentikan bola dengan
telapak kaki) dengan rincian kegiatan sebagai berikut :
-
Melakukan teknik dasar mengumpan dengan bola dilam
berhadapan dengan teman
-
Melakukan teknik dasar mengumpan dengan bola
digelindingkan teman dari depan di tempat
-
Melakukan teknik dasar mengumpan dengan bola dilambung
teman dari depan di tempat dilanjutkan dengan bergerak maju dan mundur
-
Melakukan teknik dasar mengumpan secara langsung
Kegiatan
Elaborasi
a) memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru
baik secara lisan maupun tertulis;
b) memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
c) memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
d) memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
e) memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
f) memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
g)
Bermain sepakbola dengan peraturan
yang dimodifikasi dengan menggunakan teknik dasar mengumpan dengan kaki bagian
dalam (Sportif, Kerjasama, dan Percaya diri)
h) memfasilitasi peserta
didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan
kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Kegiatan Konfirmasi
a.
Mengoreksi
kesalahan-kesalahan umum yang terjadi
b.
Memberi tugas
latihan gerak sebagai penguatan materi
c.
Menganalisis
materi pembelajaran melalui analisis teknik dasar.
d.
Meluruskan
pemahaman teknik gerak yang dipelajari
3.
Kegiatan Penutup
a.
bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri
membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
b. melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
c. memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
d. merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
Pertemuan 2
(2 x 40 menit)
1.
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan
Explorasi
a.
Apersepsi
- Berbaris mengecek
kehadiran siswa (Disiplin),
- Berdoa dan salam untuk
memulai pembelajaran(religius),
- Guru menggali pengetahuan
awal siswa tentang materi yang akan diajarkan (rasa
ingin tahu)
- Guru menjelakskan tentang
kompetensi yang akan dicapai
b.
Motivasi
- Memberikan motivasi kepada siswa untuk mengikuti pembelajaran (tekun
dan Kerja keras)
- Memberikan pemanasan
yang sesuai dengan materi dan
mengembangkan kebugaran peserta didik melalui permainan (Sportif , kerjasama dan tanggung jawab)
2.
Kegiatan Inti
a. Kombinasi teknik dasar (mengumpan bola dengan kaki bagian
dalam dan luar serta menahan bola dengan kaki bagian dalam, luar dan telapak
kaki ) .
-
Melakukan teknik dasar mengumpan bola dengan kaki bagian
dalam dan luar serta menahan bola dengan kaki bagian dalam, luar dan telapak
kaki berpasangan di tempat
-
Melakukan teknik dasar mengumpan bola dengan kaki bagian
dalam dan luar serta menahan bola dengan kaki bagian dalam, luar dan telapak
kaki berpasangan bergerak ke kanan, kiri, depan dan belakang
-
Melakukan teknik dasar mengumpan bola dengan kaki bagian
dalam dan luar serta menahan bola dengan kaki bagian dalam, luar dan telapak
kaki berkelompok bergerak bebas
Kegiatan
Elaborasi
a) memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru
baik secara lisan maupun tertulis;
c) memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
d) memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
e) memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
f) memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
g) memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
h)
Bermain sepakbola dengan peraturan
yang dimodifikasi dengan menggunakan teknik dasar mengumpan dengan kaki bagian
dalam (Sportif, Kerjasama, dan Percaya diri)
i)
memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri
peserta didik.
Kegiatan Konfirmasi
a.
Mengoreksi
kesalahan-kesalahan umum yang terjadi
b.
Memberi tugas
latihan gerak sebagai penguatan materi
c.
Menganalisis
materi pembelajaran melalui analisis teknik dasar.
d.
Meluruskan
pemahaman teknik gerak yang dipelajari
3. Kegiatan
Penutup
a.
bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri
membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
b. melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
c. memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
d. merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
Pertemuan 3
(2 x 40 menit)
1.
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan
Explorasi
a.
Apersepsi
- Berbaris mengecek
kehadiran siswa (Disiplin),
- Berdoa dan salam untuk
memulai pembelajaran(religius),
- Guru menggali pengetahuan
awal siswa tentang materi yang akan diajarkan (rasa
ingin tahu)
- Guru menjelakskan tentang
kompetensi yang akan dicapai
b.
Motivasi
- Memberikan motivasi kepada siswa untuk mengikuti pembelajaran (tekun
dan Kerja keras)
- Memberikan pemanasan
yang sesuai dengan materi dan
mengembangkan kebugaran peserta didik melalui permainan (Sportif , kerjasama dan tanggung jawab)
2.
Kegiatan Inti
a.
Kombinasi teknik dasar (mengumpan, menghentikan,
menggiring bola dengan kaki bagian dalam dan luar serta menahan bola dengan
kaki bagian dalam, luar dan telapak) dengan rincian kegiatan sebagai berikut :
-
Melakukan teknik dasar mengumpan, menahan, menggiring
formasi berbanjr dan berkelompok bergerak bebas
-
Melakukan teknik dasar mengumpan, menahan, menggiring
formasi lingkaran dan berkelompok bergerak bebas
Kegiatan
Elaborasi
a) memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru
baik secara lisan maupun tertulis;
b) memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
c) memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
d) memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
e) memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
f) memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
g) Bermain bola pada lapangan
kecil menggunakan dua gawang kecil (Sportif,
Kerjasama, dan Percaya diri)(bendera
kecil), dengan cara :
v
Jumlah pemain 5 orang untuk setiap regunya.
v
Untuk tahap pertama bermain dengan 4x sentuhan bola
v
Untuk tahap kedua 3x
sentuhan bola.
v Untuk tahap ketiga 2x sentuhan bola.
v Untuk
tahap
keempat 1x sentuhan bola.
Kegiatan Konfirmasi
a.
Mengoreksi kesalahan-kesalahan umum yang terjadi
a.
Memberi tugas latihan
gerak sebagai penguatan materi
b.
Menganalisis materi pembelajaran
melalui analisis teknik dasar.
c.
Meluruskan pemahaman
teknik gerak yang dipelajari
3. Kegiatan
Penutup
a.
bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri
membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
b. melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
c. memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
d. merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
E. Sumber
Belajar
-
Ruang terbuka yang datar dan aman
-
Bola
-
Buku teks
-
Buku referensi, Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga
dan Kesehatan Kelas VIII, Jakarta : Erlangga
-
Lembar Kerja Proses Belajar, Roji,
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
F. Penilaian
1. Teknik dan Bentuk Penilaian:
- Tes unjuk kerja
(psikomotor):
Lakukan teknik dasar menendang,
menahan/mengontrol bola dan menggiring bola. Unsur-unsur yang dinilai adalah
kesempurnaan melakukan gerakan (Penilaian Proses) dan ketepatan melakukan
gerakan (Penilaian Produk/Prestasi)
No
|
Nama Siswa
|
Mengumpan
|
Mengontrol
|
Menggiring
|
Jml
|
N. Proses
|
N. Produk
|
N. Akhir
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
∑
|
1
|
2
|
3
|
4
|
∑
|
1
|
2
|
3
|
4
|
∑
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Proses = ----------------------------------------- X
100%
Jumlah skor maksimal
Kriteria Penilaian Produk/prestasi teknik dasar
(menendang dan menahan bola ke sarsaran tembok) selama 30 detik.
Perolehan Nilai
|
Kriteria Pengskoran
|
Klasifiksi Nilai
|
|
Putera
|
Puteri
|
||
... > 23 Kali
|
... > 18 Kali
|
100%
|
Sangat Baik
|
20 – 22 Kali
|
15 – 17 Kali
|
90%
|
Baik
|
17 – 19 Kali
|
12 – 14 Kali
|
80%
|
Cukup
|
14 – 16 Kali
|
9 – 11 Kali
|
70%
|
Kurang
|
... < 14 Kali
|
... < 6 Kali
|
60%
|
Kurang Sekali
|
Kriteria Penilaian Produk/prestasi teknik dasar
(menggiring bola) melewati rintang selama 30 detik.
Perolehan Nilai
|
Kriteria Pengskoran
|
Klasifiksi Nilai
|
|
Putera
|
Puteri
|
||
... > 18 Rintangan
|
... > 15 Rintangan
|
100%
|
Sangat Baik
|
15 – 17 Rintangan
|
13 – 14 Rintangan
|
90%
|
Baik
|
12 – 14 Rintangan
|
10 – 12 Rintangan
|
80%
|
Cukup
|
9 – 11 Rintangan
|
8 – 9 Rintangan
|
70%
|
Kurang
|
... < 9 Rintangan
|
... < 8 Rintangan
|
60%
|
Kurang Sekali
|
- Pengamatan sikap
(afeksi):
Mainkan
permainan sepakbola dengan peraturan yang telah dimodifikasi. Taati aturan permainan, kerjasama dengan
teman satu tim dan tunjukkan perilaku sportif, keberanian, percaya diri dan
menghargai teman
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Sikap yang dinilai
|
∑
|
NA
|
|||||||||||||||||
Disiplin
|
Jujur
|
Kerjasama
|
T. Jwab
|
Sportif
|
Aturan
|
||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Afektif =
------------------------------------ X 100%
Jumlah skor maksimal
- Tes Pengetahuan (kognitif):
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Sikap yang dinilai
|
∑
|
NA
|
||||||||||||||
Soal No.1
|
Soal No.2
|
Soal No.3
|
Soal No.4
|
Soal No. 5
|
||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor yang
diperoleh
Penilaian
Kognitif= -------------------------------------
X 100 %
Jumlah skor maksimal
Butir Pertanyaan :
No
|
Butir
Pertanyaan
|
1
|
Sebutkan pelanggaran dan kelakuan tidak sopan dalam permainan sepakbola ?
|
2
|
Sebutkan penyebab seorang pemain dikenakan kartu kuning oleh wasit ?
|
3
|
Jelaskan cara melakukan mengumpan dan mengontrol bola berpasangan !
|
4
|
Jelaskan cara melakukan menggiring dan mengontrol bola !
|
5
|
Jelaskan cara melakukan
menggiring, mengontrol, dan mengumpan bola !
|
2. Rekapitulasi Nilai
:
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Penilaian
|
Jumlah
|
Nilai Akhir
|
Kriteria
|
||
Psikomotor
|
Afektif
|
Kognitif
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
Skor Yang Diperoleh
Nilai Akhir ( NA)
= ----------------------------------------------
Tiga
Aspek Penilian
Keterangan :
§
Sangat Baik = 91 – 100
%
§ Baik = 80 – 90 %
§ Cukup = 70 – 79 %
§ Kurang = 60 – 69 %
§ Kurang Sekali = Kurang dari 60%
This comment has been removed by a blog administrator.
ReplyDelete