Monday, May 1, 2017

RPP Kelas IX Bola Voli

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP                                        :  SMP Negeri 
Mata Pelajaran                      :  Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester                       :  IX (Genap )
Alokasi Waktu                       :  2 x 2 x 40 menit (2 x pertemuan )

Standar Kompetensi            
Mempraktikan berbagai teknik dasar permainan dan  olahraga, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

Kompetensi Dasar   
Mempraktikkan variasi dan  kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar lanjutan dengan  koordinasi yang baik  serta  nilai kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan**)
                                                      
Indikator
·   Melakukan Variasi dan  kombinasi teknik dasar passing bawah, passing atas, servis, smsh dan bendungan secara berkelompok dalam bentuk pola penyerangan dan pola pertahanan bola voli dengan menggunakan koordinasi  yang baik
·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan nilai kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan

A.  Tujuan Pembelajaran
a.       Siswa dapat melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar passing atas bolavoli, dengan benar
b.      Siswa dapat melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar passing bawah bolavoli, dengan benar
c.       Siswa dapat melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar smash bolavoli tanpa awalan, dengan benar
d.      Siswa dapat bermain bolavoli dengan baik menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk memupuk nilai kerja sama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai teman

v  Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
B.   Materi Pembelajaran
Permainan Bolavoli
·   Variasi dan  kombinasi teknik dasar passing bawah, passing atas, servis, smash dan bendungan secara berkelompok dalam bentuk pola penyerangan dan pola pertahanan bola voli dengan menggunakan koordinasi  yang baik
·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan nilai kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan

C.  Metode Pembelajaran
1. Demonstrasi
2. Ceramah
3. Bagian dan keseluruhan (Part and whole)
4. Perminan (Game)
5. Saling menilai sesama teman (Resiprocal)












D.  Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1 (2 x 40 menit)
1        Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Explorasi
a.      Apersepsi
-    Berbaris mengecek kehadiran siswa (Disiplin),
-    Berdoa dan salam untuk memulai pembelajaran(religius),
-    Guru menggali pengetahuan awal siswa tentang materi yang akan diajarkan (rasa ingin tahu)
-    Guru menjelakskan tentang kompetensi yang akan dicapai
b.   Motivasi
-    Memberikan motivasi  kepada siswa untuk mengikuti  pembelajaran (tekun dan Kerja keras)
-    Memberikan pemanasan yang  sesuai dengan materi dan mengembangkan kebugaran peserta didik melalui permainan (Sportif , kerjasama dan tanggung  jawab)

2        Kegiatan Inti
Ø  Variasi dan kmbinasi teknik dasar (passing atas dan bawah ) dengan rincian kegiatan sebagai berikut :




                                                                                                   

-          Melakukan passing atas dan bawah dengan cara menangkap lalu mendorong yang diawali dengan bola dilambung di tempat  (berpasangan/kelompok)
-          Melakukan passing atas dan bawah dengan cara mendorong bola di tempat (berpasangan/kelompok)
-          Melakukan passing atas dan bawah sambil bergerak (perorangan/kelompok)
-          Melakukan passing atasdan bawah langsung  (berpasangan/kelompok )
Kegiatan Elaborasi
a) memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
b)   memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
c)   memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
d)   memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
e)   memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
f)    memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
g)      Bermain bola voli dengan peraturan yang dimodifikasi dengan menggunakan teknik dasar Passing bawah, passing atas, smash dan servis (Sportif, Kerjasama, dan Percaya diri)
h)      memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Kegiatan Konfirmasi
a.       Mengoreksi kesalahan-kesalahan umum yang terjadi
b.      Memberi tugas latihan gerak sebagai penguatan materi
c.       Menganalisis materi pembelajaran melalui analisis teknik dasar.
d.      Meluruskan pemahaman teknik gerak yang dipelajari

3.   Kegiatan Penutup
a.       bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
b.      melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
c.       memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
d.      merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;               
                                                           
Pertemuan 2 (2 x 40 menit)
1        Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Explorasi
a.      Apersepsi
-    Berbaris mengecek kehadiran siswa (Disiplin),
-    Berdoa dan salam untuk memulai pembelajaran(religius),
-    Guru menggali pengetahuan awal siswa tentang materi yang akan diajarkan (rasa ingin tahu)
-    Guru menjelakskan tentang kompetensi yang akan dicapai
b.   Motivasi
-    Memberikan motivasi  kepada siswa untuk mengikuti  pembelajaran (tekun dan Kerja keras)
-    Memberikan pemanasan yang  sesuai dengan materi dan mengembangkan kebugaran peserta didik melalui permainan (Sportif , kerjasama dan tanggung  jawab)

2        Kegiatan Inti
Ø  Variasi dan kombinasi teknik dasar (passing bawah dan atas ) dengan rincian kegiatan sebagai berikut :





-           Melakukan passing bawah dengan cara mendorong bola di tempat (berpasangan)
-          Melakukan passing bawah dengan cara menangkap lalu mendorong yang diawali dengan bola dilambung di tempat (berpasangan/kelompok)
-          Melakukan passing bawah sambil bergerak  (kelompok)
-          Melakukan passing bawah langsung  (berpasangan )
Kegiatan Elaborasi
a) memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
b)      memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
c)      memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
d)      memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
e)      memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
f)       memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
g)      Bermain bola voli dengan peraturan yang dimodifikasi dengan menggunakan teknik dasar Passing bawah, passing atas, smash dan servis (Sportif, Kerjasama, dan Percaya diri)
h)      memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Kegiatan Konfirmasi
a.       Mengoreksi kesalahan-kesalahan umum yang terjadi
b.      Memberi tugas latihan gerak sebagai penguatan materi
c.       Menganalisis materi pembelajaran melalui analisis teknik dasar.
d.      Meluruskan pemahaman teknik gerak yang dipelajari

3.   Kegiatan Penutup
a.       bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
b.      melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
c.       memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
d.      merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;               


E.  Sumber Belajar
-          Ruang terbuka yang datar dan aman
-          Bola
-          Buku teks
-          Buku referensi, Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas VIII, Jakarta : Erlangga
-          Lembar Kerja Proses Belajar, Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

F.  Penilaian
      1.   Teknik dan Bentuk Penilaian:
- Tes unjuk kerja (psikomotor): 
   Lakukan teknik dasar passing, servis, smash dan block, unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan gerakan (penilain proses) dan ketepatan melakukan gerakan (penilaian produk)

No
Nama Siswa
Passing
Servis
Smash
Jml
N. Proses
N. Produk
N. Akhir
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4




















































































                                                      Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Proses               =  ----------------------------------------- X 100%
                                                        Jumlah skor maksimal

Kriteria Penilaian Produk/prestasi teknik dasar (passing atas dan bawah ke sasaran tembok) selama 30 detik.
Perolehan Nilai
Kriteria Pengskoran
Klasifiksi Nilai
Putera
Puteri
... > 30 Kali
... > 25 Kali
100%
Sangat Baik
27 – 29 Kali
22 – 24 Kali
90%
Baik
24 – 26 Kali
19 – 21 Kali
80%
Cukup
21 – 23 Kali
16 – 18 Kali
70%
Kurang
... < 21 Kali
... < 16 Kali
60%
Kurang Sekali

Penilaian produk/prestasi teknik dasar servis bawah melewati jaring sebanyak 6 kali
(skor maksimal 6 x 5 = 30)
Perolehan Nilai
Kriteria Pengskoran
Klasifiksi Nilai
Putera
Puteri
... > 25 Angka
... > 23 Angka
100%
Sangat Baik
22 – 24 Angka
20 – 22 Angka
90%
Baik
19 – 21 Angka
17 – 19 Angka
80%
Cukup
16 – 18 Angka
14 – 16 Angka
70%
Kurang
... < 16 Angka
... < 14 Angka
60%
Kurang Sekali


Penilaian produk/prestasi teknik dasar smash melewati jaring sebanyak 6 kali
(skor maksimal 6 x 5 = 30)
Perolehan Nilai
Kriteria Pengskoran
Klasifiksi Nilai
Putera
Puteri
... > 25 Angka
... > 23 Angka
100%
Sangat Baik
22 – 24 Angka
20 – 22 Angka
90%
Baik
19 – 21 Angka
17 – 19 Angka
80%
Cukup
16 – 18 Angka
14 – 16 Angka
70%
Kurang
... < 16 Angka
... < 14 Angka
60%
Kurang Sekali





- Pengamatan sikap (afeksi): 
   Dilakukan selama siswa mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani.  Taati aturan permainan, kerjasama dengan teman satu tim dan tunjukkan perilaku sportif, keberanian, percaya diri dan menghargai teman
No
Nama Siswa
Aspek Sikap yang dinilai
NA
Disiplin
Jujur
Kerjasama
T. Jwab
Sportif
Aturan
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3


































































Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Afektif  =  ------------------------------------ X 100%
Jumlah skor maksimal
-  Tes Pengetahuan (kognitif):
Jawab secara lisan atau peragakan dengan baik, pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep gerak dalam permainan bolavoli
No
Nama Siswa
Aspek Sikap yang dinilai
NA
Soal No.1
Soal No.2
Soal No.3
Soal No.4
Soal No. 5
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3

























































Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Kognitif =  ----------------------------------------- X 100%
Jumlah skor maksimal
Butir Pertanyaan :
No
Butir Pertanyaan
1
Jelaskan yang dimaksud pola penyerangan dalam perminan bola voli !
2
Sebutkan macam-macam pola penyerangan dalam  permainan bola voli ?
3
Jelaskan cara melakukan bendungan permainan bola voli !
4
Jelaskan cara melakukan latihan kombinasi  passing dan smash tanpa awalan !
5
Jelaskan cara melakukan latihan kombinasi  passing, servis dan  smash !
2.  Rekapitulasi Nilai :
No
Nama Siswa
Aspek Penilaian
Jumlah
Nilai Akhir
Kriteria
Psikomotor
Afektif
Kognitif
























                                                                                Jumlah Skor Yang Diperoleh
Nilai Akhir ( NA)     = ----------------------------------------------
                                                     Tiga Aspek Penilian
Keterangan :
·         Sangat Baik                              =     91 – 100 %
·         Baik                                           =     80 – 90 %
·         Cukup                                        =     70 – 79 %
·         Kurang                                      =     60 – 69 %

·         Kurang Sekali                          =    Kurang dari 60%

No comments:

Post a Comment

Simbol Bilangan atau Angka

  a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...

Blog Archive