RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMP : SMP Negeri
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : IX (Genap )
Alokasi Waktu : 2 x 2 x 40 menit (2 x pertemuan )
Standar Kompetensi
Mempraktikan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga, dan nilai-nilai yang terkandung di
dalamnya
Kompetensi Dasar
Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan
dan olahraga beregu bola besar lanjutan dengan
koordinasi yang baik serta nilai kerjasama, toleransi, percaya dini,
keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan**)
Indikator
·
Melakukan Variasi dan kombinasi teknik dasar passing bawah, passing
atas, servis, smsh dan bendungan secara berkelompok dalam bentuk pola
penyerangan dan pola pertahanan bola voli dengan menggunakan koordinasi yang baik
·
Bermain dengan peraturan yang
dimodifikasi untuk menumbuhkan nilai kerjasama, toleransi,
percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan
peralatan
A. Tujuan Pembelajaran
a.
Siswa dapat melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar passing
atas bolavoli, dengan benar
b.
Siswa dapat melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar passing
bawah bolavoli, dengan benar
c.
Siswa dapat melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar smash
bolavoli tanpa awalan, dengan benar
d.
Siswa dapat bermain bolavoli dengan baik menggunakan
peraturan yang dimodifikasi untuk memupuk nilai kerja sama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai teman
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Toleransi
( Tolerance )
Percaya
diri ( Confidence )
Keberanian
( Bravery )
B. Materi Pembelajaran
Permainan Bolavoli
·
Variasi dan kombinasi teknik dasar passing bawah, passing
atas, servis, smash dan bendungan secara berkelompok dalam bentuk pola
penyerangan dan pola pertahanan bola voli dengan menggunakan koordinasi yang baik
·
Bermain dengan peraturan yang
dimodifikasi untuk menumbuhkan nilai kerjasama, toleransi,
percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan
peralatan
C. Metode
Pembelajaran
1. Demonstrasi
2. Ceramah
3. Bagian dan keseluruhan (Part and whole)
4. Perminan (Game)
5. Saling menilai sesama teman
(Resiprocal)
D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 (2 x 40 menit)
1
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan
Explorasi
a.
Apersepsi
- Berbaris mengecek
kehadiran siswa (Disiplin),
- Berdoa dan salam untuk
memulai pembelajaran(religius),
- Guru menggali pengetahuan
awal siswa tentang materi yang akan diajarkan (rasa
ingin tahu)
- Guru menjelakskan tentang
kompetensi yang akan dicapai
b. Motivasi
- Memberikan motivasi kepada siswa untuk mengikuti pembelajaran (tekun
dan Kerja keras)
- Memberikan pemanasan
yang sesuai dengan materi dan
mengembangkan kebugaran peserta didik melalui permainan (Sportif , kerjasama dan tanggung jawab)
2
Kegiatan Inti
Ø Variasi dan kmbinasi teknik dasar (passing atas dan bawah
) dengan rincian kegiatan sebagai berikut :
-
Melakukan passing atas dan bawah dengan cara menangkap
lalu mendorong yang diawali dengan bola dilambung di tempat (berpasangan/kelompok)
-
Melakukan passing atas dan bawah dengan cara mendorong
bola di tempat (berpasangan/kelompok)
-
Melakukan passing atas dan bawah sambil bergerak
(perorangan/kelompok)
-
Melakukan passing atasdan bawah langsung (berpasangan/kelompok )
Kegiatan
Elaborasi
a) memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru
baik secara lisan maupun tertulis;
b) memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
c) memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
d) memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
e) memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
f) memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
g)
Bermain bola
voli dengan peraturan yang dimodifikasi dengan menggunakan teknik dasar Passing
bawah, passing atas, smash dan servis (Sportif,
Kerjasama, dan Percaya diri)
h) memfasilitasi peserta
didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Kegiatan Konfirmasi
a.
Mengoreksi
kesalahan-kesalahan umum yang terjadi
b.
Memberi tugas
latihan gerak sebagai penguatan materi
c.
Menganalisis
materi pembelajaran melalui analisis teknik dasar.
d.
Meluruskan
pemahaman teknik gerak yang dipelajari
3. Kegiatan Penutup
a.
bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri
membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
b. melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
c. memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
d. merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
Pertemuan 2 (2 x 40 menit)
1
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan
Explorasi
a.
Apersepsi
- Berbaris mengecek
kehadiran siswa (Disiplin),
- Berdoa dan salam untuk
memulai pembelajaran(religius),
- Guru menggali pengetahuan
awal siswa tentang materi yang akan diajarkan (rasa
ingin tahu)
- Guru menjelakskan tentang
kompetensi yang akan dicapai
b. Motivasi
- Memberikan motivasi kepada siswa untuk mengikuti pembelajaran (tekun
dan Kerja keras)
- Memberikan pemanasan
yang sesuai dengan materi dan
mengembangkan kebugaran peserta didik melalui permainan (Sportif , kerjasama dan tanggung jawab)
2
Kegiatan Inti
Ø Variasi dan kombinasi
teknik dasar (passing bawah dan atas ) dengan rincian kegiatan sebagai berikut
:
-
Melakukan passing bawah
dengan cara mendorong bola di tempat (berpasangan)
-
Melakukan passing bawah dengan cara menangkap lalu
mendorong yang diawali dengan bola dilambung di tempat (berpasangan/kelompok)
-
Melakukan passing bawah sambil bergerak (kelompok)
-
Melakukan passing bawah langsung (berpasangan )
Kegiatan
Elaborasi
a) memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru
baik secara lisan maupun tertulis;
b) memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
c) memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
d) memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
e) memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
f) memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
g)
Bermain bola
voli dengan peraturan yang dimodifikasi dengan menggunakan teknik dasar Passing
bawah, passing atas, smash dan servis (Sportif,
Kerjasama, dan Percaya diri)
h) memfasilitasi peserta
didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Kegiatan Konfirmasi
a.
Mengoreksi
kesalahan-kesalahan umum yang terjadi
b.
Memberi tugas
latihan gerak sebagai penguatan materi
c.
Menganalisis
materi pembelajaran melalui analisis teknik dasar.
d.
Meluruskan
pemahaman teknik gerak yang dipelajari
3. Kegiatan Penutup
a.
bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri
membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
b. melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
c. memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
d. merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
E. Sumber
Belajar
-
Ruang terbuka yang datar dan aman
-
Bola
-
Buku teks
-
Buku referensi, Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga
dan Kesehatan Kelas VIII, Jakarta : Erlangga
-
Lembar Kerja Proses Belajar, Roji,
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
F. Penilaian
1. Teknik dan Bentuk Penilaian:
- Tes unjuk kerja
(psikomotor):
Lakukan teknik dasar passing, servis, smash
dan block, unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan gerakan
(penilain proses) dan ketepatan melakukan gerakan (penilaian produk)
No
|
Nama Siswa
|
Passing
|
Servis
|
Smash
|
Jml
|
N. Proses
|
N. Produk
|
N. Akhir
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
∑
|
1
|
2
|
3
|
4
|
∑
|
1
|
2
|
3
|
4
|
∑
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Proses = ----------------------------------------- X
100%
Jumlah skor maksimal
Kriteria Penilaian Produk/prestasi teknik dasar (passing
atas dan bawah ke sasaran tembok) selama 30 detik.
Perolehan Nilai
|
Kriteria Pengskoran
|
Klasifiksi Nilai
|
|
Putera
|
Puteri
|
||
... > 30 Kali
|
... > 25 Kali
|
100%
|
Sangat Baik
|
27 – 29 Kali
|
22 – 24 Kali
|
90%
|
Baik
|
24 – 26 Kali
|
19 – 21 Kali
|
80%
|
Cukup
|
21 – 23 Kali
|
16 – 18 Kali
|
70%
|
Kurang
|
... < 21 Kali
|
... < 16 Kali
|
60%
|
Kurang Sekali
|
Penilaian produk/prestasi teknik
dasar servis bawah melewati jaring sebanyak 6 kali
(skor maksimal 6 x 5 = 30)
Perolehan Nilai
|
Kriteria Pengskoran
|
Klasifiksi Nilai
|
|
Putera
|
Puteri
|
||
... > 25 Angka
|
... > 23 Angka
|
100%
|
Sangat Baik
|
22 – 24 Angka
|
20 – 22 Angka
|
90%
|
Baik
|
19 – 21 Angka
|
17 – 19 Angka
|
80%
|
Cukup
|
16 – 18 Angka
|
14 – 16 Angka
|
70%
|
Kurang
|
... < 16 Angka
|
... < 14 Angka
|
60%
|
Kurang Sekali
|
Penilaian produk/prestasi teknik
dasar smash melewati jaring sebanyak 6 kali
(skor maksimal 6 x 5 = 30)
Perolehan Nilai
|
Kriteria Pengskoran
|
Klasifiksi Nilai
|
|
Putera
|
Puteri
|
||
... > 25 Angka
|
... > 23 Angka
|
100%
|
Sangat Baik
|
22 – 24 Angka
|
20 – 22 Angka
|
90%
|
Baik
|
19 – 21 Angka
|
17 – 19 Angka
|
80%
|
Cukup
|
16 – 18 Angka
|
14 – 16 Angka
|
70%
|
Kurang
|
... < 16 Angka
|
... < 14 Angka
|
60%
|
Kurang Sekali
|
- Pengamatan sikap
(afeksi):
Dilakukan
selama siswa mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Taati aturan permainan, kerjasama dengan
teman satu tim dan tunjukkan perilaku sportif, keberanian, percaya diri dan
menghargai teman
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Sikap yang dinilai
|
∑
|
NA
|
|||||||||||||||||
Disiplin
|
Jujur
|
Kerjasama
|
T. Jwab
|
Sportif
|
Aturan
|
||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Afektif =
------------------------------------ X 100%
Jumlah skor maksimal
- Tes Pengetahuan (kognitif):
Jawab secara lisan atau peragakan
dengan baik, pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep gerak dalam permainan
bolavoli
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Sikap yang dinilai
|
∑
|
NA
|
||||||||||||||
Soal No.1
|
Soal No.2
|
Soal No.3
|
Soal No.4
|
Soal No. 5
|
||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Kognitif = ----------------------------------------- X
100%
Jumlah skor maksimal
Butir Pertanyaan :
No
|
Butir
Pertanyaan
|
1
|
Jelaskan yang dimaksud pola penyerangan dalam perminan bola voli !
|
2
|
Sebutkan macam-macam pola penyerangan dalam permainan bola voli ?
|
3
|
Jelaskan cara melakukan bendungan permainan bola voli !
|
4
|
Jelaskan cara melakukan latihan kombinasi
passing dan smash tanpa awalan !
|
5
|
Jelaskan cara melakukan latihan kombinasi
passing, servis dan smash !
|
2. Rekapitulasi Nilai
:
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Penilaian
|
Jumlah
|
Nilai Akhir
|
Kriteria
|
||
Psikomotor
|
Afektif
|
Kognitif
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
Skor Yang Diperoleh
Nilai Akhir ( NA)
= ----------------------------------------------
Tiga Aspek Penilian
Keterangan
:
·
Sangat Baik = 91 – 100 %
·
Baik = 80 – 90 %
·
Cukup = 70 – 79 %
·
Kurang = 60 – 69 %
·
Kurang Sekali = Kurang dari 60%
No comments:
Post a Comment