Monday, May 1, 2017

RPP Kelas IX Pencak Silat

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP                                        :  SMP Negeri
Mata Pelajaran                      :  Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester                      :  IX (Genap)
Alokasi Waktu                        :  1 x 2 x 40 menit (1 x pertemuan )

Standar Kompetensi            
Mempraktikan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

Kompetensi Dasar               
Mempraktikan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan olahraga beladiri lanjutan dengan konsisten (koordinasi yang baik) serta nilai keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri

Indikator
·   Melakukan teknik dasar pencak silat (pukulan, tendangan, tangkisan, hindaran, elakan, tangkapan, jatuhan, lepasan dan kuncian) yang dilakukan secara berpasangan / berkelompok dengan koordinasi yang baik.
·   Melakukan pertandingan pencak silat menggunakan peraturan yang di modifikasi untuk menumbuhkan nilai keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri

A.  Tujuan Pembelajaran
a.  Siswa dapat melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar kuda-kuda, langkah, pukulan dan tangkisan dengan benar
b. Siswa dapat melakukan gerak berpasangan dengan benar
c. Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar dengan benar (langkah,jatuh dan kuncian)   secara berpasangan atau kelompok
d. Melakukan gerak berpasanga

v  Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
B.   Materi Pembelajaran
        Pencaksilat
·         Teknik dasar pencak silat (pukulan, tendangan, tangkisan, hindaran, elakan, tngkapan, jatuhan, lepasan dan kuncian) dengan koordinasi yang baik.
·         Pertandingan penck silat menggunakan peraturan yang di modifikasi untuk menumbuhkan nilai keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri

C.  Metode Pembelajaran
1. Demonstrasi
2. Ceramah
3. Bagian dan keseluruhan (Part and whole)
4. Permainan (Game)
5. Saling menilai sesama teman (Resiprocal)

D.        Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

1  Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
Kegiatan Explorasi
a.      Apersepsi
-    Berbaris mengecek kehadiran siswa (Disiplin),
-    Berdoa dan salam untuk memulai pembelajaran(religius),
-    Guru menggali pengetahuan awal siswa tentang materi yang akan diajarkan (rasa ingin tahu)
-    Guru menjelakskan tentang kompetensi yang akan dicapai
b.   Motivasi
-    Memberikan motivasi  kepada siswa untuk mengikuti  pembelajaran (tekun dan Kerja keras)
-    Memberikan pemanasan yang  sesuai dengan materi dan mengembangkan kebugaran peserta didik melalui permainan (Sportif , kerjasama dan tanggung  jawab)

2        Kegiatan Inti     
Ø  Melakukan koordinasi teknik dasar kuda-kuda, langkah, pukulan dan tangkisan,  dengan rincian kegiatan sebagai berikut :




                                                                               


-    Melakukan teknik dasar kuda-kuda depan,  belakang,  samping dan tengah  (berpasangan/kelompok)
-    Melakukan teknik asar langkah segaris, tegak lurus dan langkah serong  (berpasangan/kelompok)
-    Melakukan teknik dasar pukulan atas, bawah,  depan dan samping  (perorangan/kelompok)
-    Melakukan teknik dasar tangkisan tangkisan satu tangan, tangkisan siku, tangkisan dua lengan dan tangkisan kaki  (berpasangan/kelompok )
Kegiatan Elaborasi
a) memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
b)      memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
c)      memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
d)      memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
e)      memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
f)       memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
g)      Melakukan Pertandingan pencak silat  dengan peraturan yang dimodifikasi dengan menggunakan teknik dasar pukula, elakan, dan tangkisan (Sportif, Kerjasama, dan Percaya diri)
h)      memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Kegiatan Konfirmasi
a.       Mengoreksi kesalahan-kesalahan umum yang terjadi
b.      Memberi tugas latihan gerak sebagai penguatan materi
c.       Menganalisis materi pembelajaran melalui analisis teknik dasar.
d.      Meluruskan pemahaman teknik gerak yang dipelajari

3.   Kegiatan Penutup
a.       bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
b.      melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
c.       memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
d.      merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;


E.  Sumber Belajar
-          Ruang terbuka yang datar dan aman
-          Buku teks
-          Buku referensi, , Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas IX, Jakarta : Erlangga
-          Lembar Kerja Proses Belajar, Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

F.  Penilaian
      1.   Teknik dan Bentuk Penilaian:
- Tes unjuk kerja (psikomotor): 
Lakukan teknik dasar pencak silat (pukulan, tendangan, tangkisan, hindaran, elakan, tngkapan, jatuhan, lepasan dan kuncian), unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan gerakan (penilaian proses)
No
Nama Siswa
Sikap Awal
Gerakan
Sikap khir
Jml
N. Proses
N. Produk
N. Akhir
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4




















































































                                                                   Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Proses               =  ----------------------------------------- X 100%
                                                        Jumlah skor maksimal
- Pengamatan sikap (afeksi): 
   Dilakukan selama siswa mengikuti pembelajaran Penjaskes. Unsur-unsur yang dinilai : disiplin, kejujuran, kerjasama, tanggung jawab, sportivitas, dan mematuhi aturan.

No
Nama Siswa
Aspek Sikap yang dinilai
NA
Disiplin
Jujur
Kerjasama
T. Jwab
Sportif
Aturan
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
























































































 Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Afektif  =  ------------------------------------ X 100%
Jumlah skor maksimal
                    
-  Tes Pengetahuan (kognitif):
No
Nama Siswa
Aspek Sikap yang dinilai
NA
Soal No.1
Soal No.2
Soal No.3
Soal No.4
Soal No. 5
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3













































































Jumlah skor yang diperoleh
                                  Penilaian Kognitif=  ------------------------------------- X 100 %
Jumlah skor maksimal

Butir Pertanyaan :
No
Butir Pertanyaan
1
Sebutkan prinsip-prinsip bela diri pencak silat ?
2
Sebutkan fungsi beladiri pencak silat ?
3
Jelaskan yang dimaksud pola penyerangan dalam pencak silat !
4
Jelaskan yang dimaksud pola pertahanan dalam pencak silat !
5
Jelaskan  cara melakukan  pertandingan  pencak silat !

2.  Rekapitulasi Nilai :
No
Nama Siswa
Aspek Penilaian
Jumlah
Nilai Akhir
Kriteria
Psikomotor
Afektif
Kognitif






































                                                                                Jumlah Skor Yang Diperoleh
Nilai Akhir ( NA)     = ----------------------------------------------
                                                Tiga Aspek Penilian

Keterangan :
·         Sangat Baik                              =     91 – 100 %
·         Baik                                           =     80 – 90 %
·         Cukup                                        =     70 – 79 %
·         Kurang                                      =     60 – 69 %
·         Kurang Sekali                          =    Kurang dari 60%


No comments:

Post a Comment

Simbol Bilangan atau Angka

  a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...

Blog Archive