RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMP/MTs : SMP Negeri
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester :
VIII(Genap)
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (1 x pertemuan )
Standar Kompetensi
1.
Mempraktikan senam irama dengan alat serta nilai-nilai
yang terkandung didalamnya
Kompetensi Dasar
1.
Mempraktikan teknik dasar-dasar senam
irama/aerobik
serta nilai disiplin, toleransi, dan estetika
2.
Mempraktikan kombinasi gerakan
melangkah dan
mengayun serta nilai, disiplin, toleransi, keluwesan
gerak, dan estetika
Indikator
·
Melakukan teknik dasar senam irama / aerobic menggunakan
teknik
gerakan mengayun dan melangkah dengan koordinasi yang baik (rasa ingin tahu, tekun dan disiplin)
·
Melakukan kombinasi
gerakan mengayun/memutar, melangkah
dengan koordinasi yang baik (rasa ingin tahu, tekun dan
disiplin)
·
Melakukan variasi dan kombinasi mengayun, memutar ke
berbagai arah, dan melangkah dengan menggunakan tongkat/simpai
(perorangan/berkelompok) untuk menumbuhkan nilai,
disiplin, toleransi, keluwesan gerak, dan estetika
A. Tujuan
Pembelajaran
1. Siswa dapat melakukan melakukan teknik dasar senam irama / aerobic menggunakan
teknik
gerakan mengayun dan melangkah dengan koordinasi yang baik dan benar
2. Siswa dapat melakukan kombinasi
gerakan mengayun/memutar, melangkah
dengan koordinasi yang baik dan benar
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline
)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Toleransi
( Tolerance )
Percaya
diri ( Confidence )
Keberanian
( Bravery )
B. Materi
Pembelajaran
Aktivitas Ritmik/Senam irama
·
Latihan teknik dasar senam irama / aerobic melangkah dan
mengayun dengan koordinasi yang baik
·
Latihan kombinasi gerakan mengayun,
melangkah dengan koordinasi yang baik
·
Latihan variasi dan kombinasi mengayun,
(perorangan/berkelompok) untuk menumbuhkan nilai,
disiplin, toleransi, keluwesan gerak, dan estetika
C. Metode Pembelajaran
1. Demonstrasi
2. Ceramah
3. Bagian dan keseluruhan (Part and whole)
4. Permainan (Game)
5. Saling menilai sesama teman
(Resiprocal)
D. Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan
Explorasi
a. Apersepsi
- Berbaris mengecek kehadiran siswa (Disiplin),
- Berdoa dan salam untuk memulai pembelajaran(religius),
- Guru menggali
pengetahuan awal siswa tentang materi yang akan diajarkan (rasa ingin tahu)
- Guru menjelakskan tentang kompetensi yang akan dicapai
b. Motivasi
- Memberikan
motivasi kepada siswa untuk mengikuti pembelajaran (tekun
dan Kerja keras)
- Memberikan
pemanasan yang sesuai dengan materi dan
mengembangkan kebugaran peserta didik melalui permainan (Sportif , kerjasama dan tanggung jawab)
- Kegiatan Inti
a. Melakukan teknik dasar
senam irama / aerobic gerakan melangkah, dengan rincian kegiatan sebagai berikut :
-
Melakukan latihan
Jalan di tempat (marching) secara perorangan/ berpasangan/kelompok
-
Melakukan latihan
lari di tempat (jog) secara perorangan/berpasangan/kelompok
-
Melakukan latihan
Mengayun kaki di tempat (Skip) secara perorangan/ berpasangan/kelompok
-
Melakukan latihan
mengangkat lutut di tempat (Knee Lift) secara perorangan/ berpasangan/kelompok
-
Melakukan latihan
loncat di tempat (Jumping Jack) secara perorangan / berpasangan/kelompok
-
Melakukan latihan
mengayun kaki ke belakang di tempat (Lunge) secara
perorangan/berpasangan/kelompok
Kegiatan
Elaborasi
a) memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas,
diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun
tertulis;
b) memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis,
menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
c) memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
d) memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
e) memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
f) memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
g) melakukan perlombaan senam aerobik dengan peraturan
yang dimodifikasi secara berkelompok untuk menanamkan nilai kerja sama, disiplin, sportif,
kejujuran, dan menghormati lawan.
Kegiatan Konfirmasi
a. Mengoreksi
kesalahan-kesalahan umum yang terjadi
b. Memberi
tugas latihan gerak sebagai penguatan materi
c.
Menganalisis materi pembelajaran melalui analisis teknik dasar.
d. Meluruskan
pemahaman teknik gerak yang dipelajari
3. Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
a. bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
b. melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
c. memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
d. merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
E. Sumber
Belajar
- Ruang terbuka yang datar
dan aman (Bangsal senam)
- Tongkat, kaset senam
irama dan radio tave
-
Buku teks
- Buku referensi, ,
Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas VIII, Jakarta :
Erlangga
- Lembar Kerja Proses
Belajar, Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
F. Penilaian
1. Teknik dan Bentuk Penilaian:
- Tes unjuk kerja
(psikomotor):
Lakukan teknik dasar senam irama
/Areobik, unsur-unsur yang
dinilai adalah kesempurnan gerak (penilaian Proses)
No
|
Nama Siswa
|
Sikap Awal
|
Gerakan
|
Sikap Akhir
|
Jml
|
N. Proses
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
∑
|
1
|
2
|
3
|
4
|
∑
|
1
|
2
|
3
|
4
|
∑
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Proses = ----------------------------------------- X
100%
Jumlah skor maksimal
- Pengamatan sikap
(afeksi):
Dilakukan
selama siswa mengikuti pembelajaran Penjaskes. Unsur-unsur yang dinilai :
disiplin, kejujuran, kerjasama, tanggung jawab, sportivitas, dan mematuhi
aturan.
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Sikap yang dinilai
|
∑
|
NA
|
|||||||||||||||||
Disiplin
|
Jujur
|
Kerjasama
|
T. Jwab
|
Sportif
|
Aturan
|
||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Afektif =
------------------------------------ X 100%
Jumlah skor maksimal
- Tes Pengetahuan (kognitif):
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Sikap yang dinilai
|
∑
|
NA
|
||||||||||||||
Soal No.1
|
Soal No.2
|
Soal No.3
|
Soal No.4
|
Soal No. 5
|
||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor yang
diperoleh
Penilaian
Kognitif= -------------------------------------
X 100 %
Jumlah skor maksimal
Butir Pertanyaan :
No
|
Butir
Pertanyaan
|
1
|
Jelaskan Pengertian senam aerobik ?
|
2
|
Sebutkan macam-macaam senam irama ?
|
3
|
Jelaskan teknik dasar
langkah kaki dalam senam aerobic !
|
4
|
Jelaskan teknik dasar gerakan
lengan dalam senam aerobik !
|
5
|
Jelaskan sistematika senam aerobik !
|
2. Rekapitulasi Nilai
:
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Penilaian
|
Jumlah
|
Nilai Akhir
|
Kriteria
|
||
Psikomotor
|
Afektif
|
Kognitif
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
Skor Yang Diperoleh
Nilai Akhir ( NA)
= ----------------------------------------------
Tiga
Aspek Penilian
Keterangan :
a.
Sangat Baik = 91 – 100 %
b.
Baik = 80 – 90 %
c.
Cukup = 70 – 79 %
d.
Kurang = 60 – 69 %
e.
Kurang Sekali = Kurang dari 60%
No comments:
Post a Comment