Friday, March 10, 2017

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendidikan Dalam Keluarga


Pendidikan pada hakekatnya dalah menciptakan anak didik menjadi pintar, dewasa serta mampu mengetahui tentang dirinya.
Dalam kontek pendidikan dilingkungan keluarga, idealnya keluarga tersebut mempunyai dasar pendidikan, tetapi tidak semua keluarga itu dilatarbelakangi dengan pendidikan modern.
Oleh sebab itu, yang terpenting adalah bagaiman pendidikan dalam keluarga tersebut tetap berjalan, oleh sebab itu kita harus mengetahui beberapa faktor yang mempengaruhi pendidikan dalam keluarga, diantaranya yaitu:

1.      Faktor Sumber Daya Manusia

Faktor ini adalh faktor yang utama dalam pendidikan keluarga, karena orang tua yang tidak mengerti akan pendidikan, maka akan mengakibatkan pendidikan anak dalam keluarga kurang baik, karena kurang adanya komunikasi yang baik dengan anak tentang ilmu pengetahuan.
Dalam proses pendidikan yang harmonis, orang tua harus dapat meletakkan dirinya sewaktu-waktu sebagai guru, sebagai kakak, sebagai teman, bahkan sebagai mitra.
2.      Faktor masyarakat
Faktor ini menjad faktor yang penting dalam keluarga. Pergaulan masyarakat lebih cepat berpengaruh bagi anak, sebab hubungan keluarga, sekolah dan masyarakat merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan baik bagi pendidikan keluarga maupun bagi pendidikan anak.
Kedua faktor tersebut sangat menetukan dalam menciptakan bangsa yang dicita-citakan bersama. Pengalaman anak dalam keluarga dan lingkungan masyarakat akan melekat menjadi watak dan kepribadian yang tidak mudah dilupakan.


No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive