Friday, March 3, 2017

Pandangan Menurut Tokoh-Tokoh Teori Humanistik


  1. Pandangan Kolb (Experiental Learning Theory)
Menurut Kolb belajar sebagai proses dimana pengetahuan diciptakan melalui transformasi pengalaman. Pengetahuan dianggap sebagai perpaduan antara memahami dan mentransformasi pengalaman.
Kolb membagi belajar menjadi 4 tahap :
a.       Tahap Pengamalan konkrit
b.      Tahap Pengalaman Aktif dan Reflektif
c.       Tahap Konseptualisasi
d.      Tahap Eksperimentasi Aktif
David Kolb mengklasifikasikan gaya belajar seseorang menjadi empat kategori sebagai berikut :
a.       Converger
b.      Diverger
c.       Assimilation
d.      Accomodator
  1. Pandangan Honey dan Mumford
Pandangan Honey dan Mumford tentang belajar banyak dipengaruhi oleh Kolb. Mereka kemudian menggolong-golongkan orang belajar menjadi empat golongan yaitu :
a.       Kelompok Aktivis
b.      Kelompok Reflektor
c.       Kelompok Teoris
d.      Kelompok Pragmatis

  1. Pandangan Habermas
Menurut Habermas, proses belajar terjadi apabila terjadi interaksi antara individu dengan lingkungannya, baik lingkungan alam maupun sosial. Ada 3 tipe belajar menurut Habermas yaitu :
a.       Belajar Teknik
b.      Belajar Praktis
c.       Belajar Emansipatoris

  1. Pandangan Bloom dan Krathwohl
Menurut Bloom bahwa belajar harus menekankan yang harus dikuasai oleh individu (sebagai tujuan belajar) setelah melalui peristiwa belajar. Tujuan belajar telah dirangkum dalam tiga kawasan yang disebut Taksonomi Bloom, yakni :
a.       Domain Kognitif
b.      Domain Psikomotor

c.       Domain Afektif

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive