- Pandangan
Kolb (Experiental Learning Theory)
Menurut Kolb belajar sebagai proses dimana pengetahuan diciptakan melalui
transformasi pengalaman. Pengetahuan dianggap sebagai perpaduan antara memahami
dan mentransformasi pengalaman.
Kolb membagi belajar menjadi 4 tahap :
a.
Tahap Pengamalan konkrit
b.
Tahap Pengalaman Aktif dan Reflektif
c.
Tahap Konseptualisasi
d.
Tahap Eksperimentasi Aktif
David Kolb mengklasifikasikan gaya belajar seseorang menjadi empat
kategori sebagai berikut :
a.
Converger
b.
Diverger
c.
Assimilation
d.
Accomodator
- Pandangan
Honey dan Mumford
Pandangan Honey dan Mumford tentang belajar banyak dipengaruhi oleh Kolb.
Mereka kemudian menggolong-golongkan orang belajar menjadi empat golongan yaitu
:
a.
Kelompok Aktivis
b.
Kelompok Reflektor
c.
Kelompok Teoris
d.
Kelompok Pragmatis
- Pandangan
Habermas
Menurut Habermas, proses belajar terjadi apabila terjadi interaksi antara
individu dengan lingkungannya, baik lingkungan alam maupun sosial. Ada 3 tipe
belajar menurut Habermas yaitu :
a.
Belajar Teknik
b.
Belajar Praktis
c.
Belajar Emansipatoris
- Pandangan
Bloom dan Krathwohl
Menurut Bloom bahwa belajar harus menekankan yang harus dikuasai oleh
individu (sebagai tujuan belajar) setelah melalui peristiwa belajar. Tujuan
belajar telah dirangkum dalam tiga kawasan yang disebut Taksonomi Bloom, yakni
:
a.
Domain Kognitif
b.
Domain Psikomotor
c.
Domain Afektif
No comments:
Post a Comment