Misalnya : Bu Citra akan membuat
parsel keramik dengan bahan 36 teko keramik, 90 gelas keramik, dan 126 piring
makan keramik. Setiap parsel berisi bahan-bahan tersebut dengan jenis dan
banyak yang sama. Berapa banyak keranjang yang harus disiapkan ? dan berapa
jumlah teko, gelas dan piring masing-masing keranjang.
Siswa diharapkan menjawab atau dibimbing dengan langkah-langah sebagai
berikut :
1)
Mengerti masalah
a)
Yang ditanyakan :
Berapa keranjang yang harus disiapkan ?
- Berapa
jumlah teko, gelas dan piring masing-masing keranjang ?
b)
Data yang diketahui : 36 teko keramik, 90 gelas
keramik, 126 piring makan keramik
c)
Syarat-syaratnya : - banyak keranjang yang harus
disiapkan ?
- jumlah teko, gelas, dan piring masing-masing
keranjang
2)
Merencanakan masalah
a.
Mengumpulkan informasi
Bu Citra akan membuat parsel keramik dengan bahan 36 teko keramik, 90
gelas keramik, dan 126 piring makan keramik.
b.
Menganalisis informasi yang diperoleh dengan
menggunakan analogi masalah yang pernah diselesaikan :
Mencari banyaknya keranjang yang harus dipersiapkan. Mencari jumlah teko,
gelas dan piring masing-masing keranjang.
3)
Melaksanakan pemecahan
Dengan cara mencari FPB dari 36, 90
dan 126
2
|
36
|
90
|
126
|
2
|
18
|
45
|
63
|
3
|
9
|
45
|
63
|
3
|
3
|
15
|
21
|
5
|
1
|
5
|
7
|
7
|
1
|
1
|
7
|
|
1
|
1
|
1
|
FPB dari 36, 90 dan 126 = 2 x 3 x 3 = 18
Teko = 36 : 18 = 2
Gelas = 90 : 18 = 5
Piring = 126 : 18 = 7
Jadi keranjang yang dibutuhkan 18 keranjang masing-masing berisi 2 buah
teko keramik, 5 buah gelas keramik, dan 7 buah piring makan keramik
4)
Melihat kembali
Mencocokkan hasilnya
Keranjang yang dibutuhkan 18 keranjang, tiap keranjang berisi 2 teko
keramik, 5 gelas keramik, dan 7 piring makan keramik.
Jumlah semua teko keramik = 2 x 18 = 36
Jumlah semua gelas keramik = 5 x 18 = 90
Jumlah semua piring makan keramik = 7 x 18 = 126
Cocok dengan apa yang diketahui.
Jawaban yang lain tidak ada, cara yang lain ada yaitu dengan menggunakan
faktorisasi prima :
36 = 22 x 32
90 = 2 x 32 x 5
216 = 2 x 32 x 7
FPB = 2 x 32 = 18
No comments:
Post a Comment