Menurut Efendy (2006:94) humas sendiri mempunyai dua pengertian yaitu :
1.
Public Relations sebagai method
of communication yaitu merupakan rangkaian kegiatan atau sistem kegiatan
yaitu kegiatan berkomunikasi secara khas.
2.
Public Relations sebagai state
of being yaitu perwujudan kegiatan komunikasi.
Blumenthal (Effendy, 2006:
94-95) mengatakan :
Humas adalah seni membina pribadi seseorang
sampai taraf yang memungkinkan ia mampu menghadapi keadaan darurat dalam
kehidupan sehari-hari termasuk dalam bidang psikologi, dan seni dalam
melaksanakan tugas yang sama untuk bisnis, lembaga, pemerintah, baik yang
menimbulkan keuntungan atau yang tidak, termasuk kegiatan humas.
Hubungan
Masyarakat (Humas) yang dewasa ini sering disebut dengan Public Relation
(PR) menurut Harlow (Ruslan,
2008:16) didefinisikan sebagai berikut :
Public Relations
adalah
fungsi manajemen yang khas dan mendukung pembinaan, pemeliharaan jalur bersama
antara organisasi dengan publiknya, menyangkut aktivitas komunikasi,
pengertian, penerimaan dan kerjasama, melibatkan manajemen dalam menghadapi
persoalan atau permasalahan, membantu manajemen untuk mampu menanggapi opini
publik, mendukung manajemen dalam mengikuti dan memanfaatkan perubahan secara
efektif, bertindak sebagai sistem peringatan dini dalam mengantisipasi
kecenderungan penggunaan penelitian serta teknik komunikasi yang sehat dan etis
sebagai sarana utama.
Humas
(Hubungan Masyarakat) yang merupakan terjemahan bebas dari istilah Public Relation atau bentuk komunikasi
yang terselenggara antara organisasi yang bersangkutan dengan siapa saja yang
berkepentingan dengannya. Sedangkan menurut definisi kamus terbitan Institute Of Public Relation (IPR) yakni
sebuah lembaga Humas terkemuka di Inggris dan Eropa, Humas adalah keseluruhan
upaya yang dilangsungkan secara terencana dan berkesinambungan dalam rangka
menciptakan dan memelihara niat baik dan saling pengertian antara suatu
organisasi dengan segenap khalayaknya (Anggoro, 2011:2).
Berdasarkan pendapat di atas, penulis
menyimpulkan bahwa Humas adalah suatu kegiatan yang berhubungan dengan
komunikasi yang dilakukan oleh suatu organisasi terhadap pihak lain dalam
rangka memelihara hubungan dan kepentingan diantara kedua belah pihak
No comments:
Post a Comment