Menurut Suryadi (2007:1),
Suatu publik adalah sekelompok orang yang
memiliki kepentingan yang sama terhadap perusahaan (organisasi), saling
memahami signifikansi masing-masing dan membuat rancangan untuk mencapai
kepentingan tersebut. Publik bersifat heterogen meskipun karakteristik dan
kepentingan mereka relatif sama. Pada umumnya publik menyadari situasi dan
hubungan mereka dengan perusahaan. Publik menganggap isu yang mereka hadapi
merupakan hal-hal yang relevan, sehingga paling tidak mereka mengorganisasi
atau mengeluarkan energi untuk menghadapi isu tersebut.
Pendapat lain
dikemukakan oleh Greener (2004:3) “Public adalah kelompok atau orang-orang yang
berkomunikasi dengan suatu organisasi, baik secara internal maupun eksternal.
Publik internal meliputi karyawan, staf kantor dan kepala pimpinan, sedangkan
publik eksternal adalah masyarakat
luas.”
Berdasarkan
pendapat di atas, penulis menyimpulkan publik adalah sejumlah orang yang
bersatu dalam satu ikatan dan mempunyai pendirian yang sama terhadap suatu
permasalahan sosial
No comments:
Post a Comment