Thursday, February 23, 2017

Jenis Zat Pewarna Makanan


Berdasarkan dari sumbernya, pewarna buat makanan dapat digolongkan ke dalam dua jenis, yakni sebagai berikut.
a. Pewarna Alami
Pewarna alami dapat didapatkan dari aneka tanaman dan juga hewan. Beberapa pewarna alami yang memiliki nilai nutrisi cukup tinggi, misalnya: riboflavin, karotenoid, kobalamin; dan pewarna yang dapat dijadikan bumbu seperti kunir, kayu manis, paprika; atau pewarna yang berfungsi sebagai pemberi rasa, misalnya: caramel, cokelat, kopi, buah-buahan, dan lain-laim.
Beberapa perusahaan makanan dan minuman enggan menggunakan pewarna alami sebab warnanya yang tak homogeny. Sehingga, sangat sulit mendapatkan rona yang stabil. Selain itu, penggunaan bahan alami pada sebuah produk makanan/minuman akan membuat biaya produksi semakin membengkak. Dari sini, kita dapat menyimpulkan bahwa kebanyakan perusahaan menghindari pewarna alami dan memilih alternatif lain.
b. Pewarna Sintetis
Pewarna sintetis merupakan pewarna protesis yang biasa ditambahkan dalam makanan atau minuman. Perkin merupakan penemu pewarna makanan sintetis, tepatnya pada tahun 1856. Pewarna sintetis dapat dikatakan sangat murah dan mudah didapatkan dibandingkan pewarna alami. Banyak alasan yang membuat perusahaan makanan dan minuman lebih memilih pewarna makanan sintetis, di antaranya ialah biaya produksi yang lebih murah, rona yang dihasilkan lebih beragam, dan hasil pewarnaan lebih baik dan maksimal.
Pada dasarnya, pewarna sintetik dikelompokkan sebagai pewarna basa, pewarna asam, pewarna direct, pewarna reaktif, pewarna disperse, pewarna mordant, pewarna vat, pewarna azo, dan pewarna sulfur. Di negara berkembang, zat yang terkandung dalam pewarna protesis harus lolos berbagai mekanisme pengujian sebelum dapat digunakan sebagai pewarna pangan. Permitted color atau certified color merupakan zat-zat pewarna yang diizinkan dalam pangan.
Dalam penggunaan zat pewarna pun sebuah perusahaan harus menjalani beberapa mekanisme dan pengujian yang disebut dengan proses sertifikasi. Pada proses sertifikasi, pengujian yang dilakukan meliputi toksikologi, biokimia, kimia, dan analisis media terhadap pewarna makanan tersebut.
Meskipun begitu harus mengetahui bahwa proses pembuatan zat rona sintetis biasanya melalui pemberian zat-zat kimia, seperti asam sulfat atau asam nitrat yang umumnya terkontaminasi zat-zat yang bersifat racun, seperti logam berat atau arsen. Berdasarkan kelarutannya, pewarna sintetis digolongkan menjadi dua bagian, yakni sebagai berikut.
Dyes, merupakan zat pewarna yang biasanya memiliki sifat larut dalam air. Karena sifatnya yang larut dalam air menyebabkan warnanya mudah merata dan dapat digunakan buat mewarnai bahan. Selain air, kita dapat menggunakan pelarut lainnya, misalnya gliserin, alkohol, propelin glikol, dan lain-lain.
Lakes, merupakan zat pewarna yang memiliki sifat tak larut air dan semua pelarut lainnya. Sebab, pewarna ini dibuat dengan proses pengendapan dan absorpsi dyes menggunakan alumunium hidrat sebagai alat pelapisnya.

 Dampak Positif dan Negatif Penggunaan Pewarna Makanan
Penggunaan pewarna makanan sintetis dalam berbagai produk pangan pastinya memiliki akibat positif ataupun negatif bagi produsen dan konsumen.
1)   Memiliki stabilitas yang cukup bagus.
2)   Membuat rona makanan lebih menarik.
3)   Meratakan rona makanan.
4)   Tersedia dalam jumlah yang cukup.
5)   Memiliki kekuatan mewarnai yang sangat tinggi, sehingga membuat penggunaannya dapat dikatakan memberi laba secara ekonomi.
6)   Memiliki daya larut yang bagus dalam air maupun alkohol.
7)   Tidak berasa dan juga tak berbau.
8)   Memiliki bentuk yang beragam.
Meskipun memiliki akibat positif bagi produsen, namun penggunaan pewarna sintetis ternyata juga dapat menimbulkan akibat negatif terhadap kesehatan manusia, apabila:
1)   dikonsumsi dalam jumlah sedikit, namun berulang-ulang,
2)   dikonsumsi dalam jangka waktu lama,
3)   dikonsumsi secara berlebihan,
4)   dikonsumsi dalam kondisi yang tak tepat,
5)   penyimpanan dan pengolahannya tak memenuhi persyaratan.

Macam Pewarna Alami yang Aman
Sebagai solusi yang tepat buat kesehatan Anda, maka disarankan buat menggunakan pewarna alami berikut ini.
1)      Daun Suji
Daun suji biasa digunakan buat mendapatkan rona hijau pada makanan. Tanaman suji merupakan tanaman hias yang mudah ditanam di media pot atau pada kebun secara langsung. Campuran daun suji dan daun pandan menghasilkan rona yang latif dan aroma harum pada makanan dan minuman. Cara membuatnya: potong-potong kasar daun suji dan daun pandan. Kemudian, blender hingga halus. Lalu, peras dan saring. Untuk mengawetkannya, dapat menambahkan kapur sirih, masukkan ke dalam botol yang tertutup, dan masukkan dalam kulkas.

2)      Kayu Secang
Secang merupakan tanaman berkayu yang batangnya dapat kita manfaatkan sebagai pewarna buat makanan. Cara penggunaannya ialah batang kayu tersebut dipasrah atau diserut terlebih dahulu. Kemudian, direbus dengan air hingga mendidih. Nah, airnya dapat Anda gunakan bersama minuman atau makanan yang akan diwarnai. Tanaman secang yang dapat memberi imbas rona merah ini dapat diperoleh di toko penjual jamu tradisional.
3)      Bunga Telang
Bunga telang yang memiliki rona biru keunguan biasanya tumbuh di wilayah Asia. Rona yang menarik dapat Anda gunakan sebagai pewarna alami biru buat kue ataupun minuman. Cara pemakaiannya: cuci beberapa genggam kembang telang, kemudian tumbuk atau remas-remas hingga lembut. Tambahkan sedikit air, lalu saring. Cara lain yang dapat dilakukan ialah dengan merebus kembang talang, kemudian saring, dan ambil airnya.
4)      Kunyit

Kunyit merupakan tanaman umbi-umbian yang biasa dijadikan bumbu masakan. Cara penggunaannya dengan cara diparut, ditumbuk, atau diblender hingga lembut. Kemudian, tambahkan sedikit air, peras, dan saring. Namun jika Anda tak ingin repot, Anda dapat mendapatkannya di swalayan atau toko-toko terdekat. ( http://www.binasyifa.com/109/18/27/ macam-pewarna-alami-yang-aman.html) 

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive