2.1.1. Pengertian
Metode Pembelajaran
Metode secara harfiah
adalah cara (Syah, 2006: 201). Sedangkan menurut Moeslichatoen (2004: 7) metode
merupakan cara untuk mencapai tujuan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia,
metode dapat diartikan sebagai cara yang teratur untuk mencapai tujuan atau
cara kerja yang tersistem untuk memudahkan pelaksanaan suatu kegiatan guna
mencapai tujuan yang ditentukan (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2012).
Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber
belajar pada suatu lingkungan belajar. Lebih lanjut, Tardif menjelaskan bahwa
metode pembelajaran adalah prosedur baku untuk melaksanakan kegiatan
kependidikan, khususnya kegiatan penyajian materi pembelajaran kepada anak.
Metode pembelajaran
merupakan cara yang ditempuh guru dalam menyampaikan bahan pembelajaran kepada
anak dengan melibatkan interaksi yang aktif dan dinamis antara guru dan anak,
sehingga tujuan belajar yang telah ditetapkan dapat tercapai secara efektif dan
efisien. Metode pembelajaran dalam konteks Pendidikan Anak Usia Dini dapat
diartikan sebagai cara yang sistematis untuk mengembangkan berbagai potensi
anak sejak dini sebagai persiapan untuk hidup dan menyesuaikan diri dengan
lingkungan.
Pembelajaran menggunakan
banyak metode menunjang tercapainya tujuan pembelajaran yang lebih bermakna.
Lima faktor yang mempengaruhi penggunaan metode mengajar, antara lain
(Fathurrohman, 2001: 38):
a. Tujuan dengan berbagai jenis dan fungsi.
b. Anak didik dengan berbagai tingkat kematangan.
c. Situasi dengan keadaan yang berlainan.
d. Fasilitas bervariasi secara kuantitas dan
kualitas.
e. Kepribadian dan kompetensi guru yang berbeda–beda.
Kolaborasi antara guru dan anak sangat diperlukan untuk
menghasilkan pembelajaran yang berkualitas baik. Guru sebaiknya menentukan
metode yang akan digunakan belum melakukan proses pembelajaran. Penentuan
metode bertujuan supaya proses pembelajaran berjalan dengan lancar dan mencapai
tujuan pembelajaran yang dikehendaki. Pemilihan suatu metode harus disesuaikan dengan
tujuan pembelajaran dan sifat materi yang menjadi objek pembelajaran
No comments:
Post a Comment